Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Artikel ini membahas tentang cara mengoptimalkan google organik untuk mempromosikan produk Anda. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi seorang digital marketer. Output yang akan Anda dapatkan setelah membaca artikel ini adalah bisa segera memulai bisnis online dengan menggunakan google sebagai sarana promosi.

Cara Memulai Bisnis Online Dengan 7 Langkah Praktis

1 – Memiliki Alasan Kuat Untuk Berbisnis Online

Tujuan Berbisnis Online. Perbedaan paling mendasar antara bisnis online dengan bisnis konvensional terletak pada media dan tata caranya. Karena secara umum, keduanya tidak jauh berbeda. Keduanya sama – sama memiliki tantangan dan cobaan tersendiri. Anda harus memiliki alasan kuat jika ingin memulai bisnis online. Sehingga ketika menghadapi berbagai rintangan di kemudian hari, Anda tetap kuat untuk terus berjuang. Untuk itu tentukan apa alasan Anda hingga ingin berbisnis online.

 

2 – Mencari Tahu Kebutuhan Calon Pembeli

Seth Godin, seorang author dan entrepreneur ternama asal Amerika Serikat pernah berkata kurang lebih seperti ini:

Jangan mencari pelanggan untuk produk Anda. Tapi carilah produk untuk pelanggan Anda. Godin menyarankan untuk menjual produk yang memang dibutuhkan oleh banyak orang. Karena produk tersebut akan lebih mudah untuk dijual.

 

3 – Membuat Produk Berkualitas

Sampai di sini Anda sudah berhasil mendapatkan informasi bahwa karpet masjid termasuk produk yang banyak dicari di google. Dan jika Anda merasa cocok dengan produk tersebut, segera take action. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, bisa jadi Anda bukan satu – satunya orang yang berbisnis jual beli karpet masjid di google. Untuk itu pastikan kalau produk yang ingin Anda jual lebih berkualitas, bahkan kalau bisa paling berkualitas diantara semua kompetitor. Silahkan ketikkan kata kunci yang sama persis di google, dan kunjungi website yang ada di halaman 1 google.Mereka adalah kompetitor Anda. Pelajari kelebihan dan kekurangannya, lalu coba sempurnakan di bisnis Anda.

Baca juga : Evaluasi Performa SEO Dengan Search Console Dan Analytics

4 – Mengetahui Kemampuan Optimal Pelayanan

Setelah memastikan kualitas produk yang ingin Anda jual, perhatikan juga kemampuan Anda dan tim dalam hal menangani penjualan.

 

Misalnya:

Seberapa banyak produk yang bisa Anda sediakan untuk calon pembeli. Seberapa maksimal Anda dan tim dalam melayani calon pembeli. Jangan sampai ketika Anda sudah melakukan promosi jor – joran hingga mampu menghasilkan banyak permintaan, tapi SDM yang dimiliki tidak sanggup untuk memenuhinya. Akibatnya calon pembeli akan kecewa. Hal ini sangat fatal.

 

5 – Membuat Landing Page Atau Website Profesional

Kalau di bisnis konvensional Anda membutuhkan toko untuk mendisplay produk, di bisnis online Anda membutuhkan landing page atau website untuk melakukan hal serupa. Gunakan landing page kalau Anda hanya memiliki 1 jenis produk. Gunakan website profesional kalau Anda memiliki lebih dari 1 jenis produk. Lebih detail tentang perbedaan keduanya, silahkan baca artikel Folder SEO yang berjudul perbedaan landing page dan website.

 

6 – Mempromosikan Produk Di Google

Di tahap ini Anda sudah berhasil:

Menemukan produk yang dibutuhkan di google

Memastikan kualitas produk yang ingin dijual

Menentukan kapasitas optimal pelayanan

Membuat website profesional

Sekarang kita masuk ke bagian yang terpenting, yakni mempromosikan website bisnis Anda di google.

 

Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih:

Menggunakan google ads (Iklan google)

Menggunakan google organik (SEO)

Di sini Saya menyarankan Anda untuk menggunakan SEO. Selain karena biayanya yang relatif lebih murah ketimbang google ads, SEO adalah bidang marketing online yang paling Saya kuasai. Tidak etis rasanya kalau Saya sharing tentang teknik marketing online yang tidak Saya kuasai. SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari. SEO adalah teknik pemasaran online jangka panjang yang bisa memunculkan website Anda di halaman 1 google secara organik, atau tanpa menggunakan iklan. Kalau website Anda berhasil muncul di halaman 1 google, apalagi di peringkat 5 besar, kemungkinan besar akan dikunjungi oleh pengguna google. Dan hal ini tentunya berdampak positif terhadap penjualan.

 

7 – Melakukan Follow Up Agar Terjadi Penjualan

Kalau teknik SEO yang Anda kerjakan benar, Anda akan berhasil mendapatkan calon pembeli tertarget dari google. Para calon pembeli ini sudah tertarik dengan produk Anda, tapi masih ingin bertanya – tanya tentang beberapa hal sebelum membeli. Tugas Anda adalah melakukan follow up dan mengedukasi mereka agar mau membeli produk Anda. Bahkan hingga melakukan repeat order.

 

Kesimpulan

Google memang bukan satu – satunya sarana untuk mempromosikan bisnis Anda.

Tapi dengan ketersediaan data jumlah pencarian per bulan, Anda bisa mengoptimalkan google melalui teknik SEO untuk mendapatkan calon pembeli tertarget.

Standarnya, proses pengerjaan SEO membutuhkan waktu minimal 4 bulan untuk bisa memunculkan website Anda di halaman 1 google.

Meskipun prosesnya relatif lebih lama, SEO bisa memberikan dampak yang signifikan dan mampu menghemat budget marketing bisnis Anda.

Sehingga tidak berlebihan jika mengatakan kalau SEO adalah teknik pemasaran online jangka panjang yang efektif dan efisien untuk bisnis Anda.

Klik disini untuk dapatkan jasa artikel seo murah dan berkualitas.