ARTIKEL SEO MURAH – Keberadaan domain pada website ibarat alamat pada suatu rumah. Maksudnya begini, Ketika ingin membeli dan menempati suatu rumah, faktor lokasi (Mudah ditemukan) merupakan salah satu yang sering diperhatikan oleh calon penghuni. Nah, hal yang sama juga berlaku ketika ingin memilih nama domain untuk website bisnis dan toko online, dimana faktor mudah ditemukan juga sangat krusial perannya. Singkatnya, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih domain, karena ada kiat-kiat tertentu yang sebaiknya diperhatikan.

Artikel kali ini dikhususkan bagi Anda yang masih bingung dalam memilih domain untuk bisnis online. Langsung saja, inilah tips memilih nama domain untuk website bisnis dan toko online.

  1. Gunakan Brand Bisnis Milik Sendiri

Banyak pemilik website yang masih menggunakan kata kunci sebagai nama domainnya.

Contoh: Kata kunci yang ingin dibidik adalah “jual jam tangan pria”, maka digunakanlah nama domain yang sama dengan kata kunci tersebut, yakni: jualjamtanganpria[dot]com. Mereka berpendapat bahwa hal ini bisa mempermudah website tampil di halaman 1 google. Ini sangat keliru. Karena saat ini google sudah tidak lagi memprioritaskan website yang domainnya sama persis dengan kata kuncinya. Istilahnya Exact Match Domain (EMD). EMD ini memang sempat populer dan worth it beberapa tahun lalu, tapi sekarang sudah tidak lagi. Jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan brand sebagai nama domain website, karena bisa sekaligus membranding bisnis yang bersangkutan.

 

  1. Hindari Merek Bisnis Lain

Terkadang tanpa sengaja, nama domain yang Anda pilih merupakan brand yang sudah dimiliki oleh orang lain, bahkan telah terdaftar secara resmi/legal. Secara hukum, posisinya sudah sangat kuat, sehingga Anda lah yang harus mengalah dengan mencari nama lain.

 

  1. Buat Seunik Mungkin

Nama yang unik biasanya selalu menarik perhatian orang lain. Hal yang sama juga berlaku pada nama domain. Sebisa mungkin pilihlah nama domain yang unik, agar mudah diingat oleh banyak orang.

 

  1. Usahakan Tidak Lebih dari 3 Suku Kata

Usahakan agar nama domain yang dipilih tidak terlalu panjang, supaya orang bisa lebih mudah mengingatnya. Kami menyarankan untuk menggunakan nama domain maksimal hingga 3 suku kata.

Baca juga : 7 Tips dan Cara Berjualan Online untuk Pemula

  1. Mudah Diketik Ketika Didengar

Ketika mendengar nama Folder SEO, kemungkinan besar Anda akan tau bagaimana cara penulisannya. Hal ini juga sebaiknya diperhatikan ketika ingin membeli domain. Pastikan bahwa ejaannya mudah untuk diketikkan/dituliskan. Jangan sampai ketika Anda menyebutkan nama domain website Anda kepada orang lain, tapi mereka salah saat mengetikkannya di internet.

 

  1. Hindari Domain Bekas Dipakai Orang Lain

Anda tidak pernah tahu apa yang sudah terjadi pada domain bekas. Apakah pernah dipakai untuk situs-situs judi, rokok, dan hal-hal negatif lainnya. Jadi untuk pencegahan, sebaiknya hindari domain yang sudah pernah dipakai oleh orang lain.

 

  1. Menggunakan Ekstensi Populer

Ekstensi domain merupakan akhiran yang terdapat pada nama domain. Contohnya .com. Dua yang populer di dunia adalah .com dan .net. Untuk itu sebaiknya gunakan kedua ekstensi ini pada website bisnis Anda. Tapi jika keduanya sudah tidak tersedia, Anda bisa menggunakan ekstensi lokal seperti .id atau .co.id. Tujuan utama menggunakan ekstensi domain yang populer adalah supaya lebih mudah dikenali oleh banyak orang.

 

  1. Beli Domain di Tempat Terpercaya

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, beli dan daftarkan domain Anda di tempat-tempat yang sudah terpercaya. Kalau di luar negeri, GoDaddy dan namecheap sangat direkomendasikan. Sedangkan untuk di Indonesia, Anda bisa menggunakan idwebhost atau rumahweb.

 

Klik disini, untuk dapatkan jasa ARTIKEL SEO MURAH.