Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Menulis bisa jadi merupakan hal yang sangat mudah, terutama untuk Anda yang sudah terbiasa menulis. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa dengan membuat tulisan yang menarik, terutama tulisan-tulisan untuk website. Anda harus paham bagaimana cara menulis artikel untuk website.

 

Karakter pembaca buku dengan pembaca website sangat berbeda. Misalnya begini, saat Anda membaca novel, Anda tentu akan membaca kata per kata, memahami dengan betul apa yang tertulis dalam novel supaya bisa memahami jalan cerita. Namun, ketika membaca artikel website, Anda tak membacanya per kata, melainkan skimming untuk bisa langsung menemukan informasi yang dibutuhkan.

Lalu Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Disukai Google & Friendly?

 

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Sayangnya, untuk kita yang masih pemula, konsep SEO ini cukup susah. Umumnya, teknik SEO ini mengharuskan Anda untuk membuat artikel dengan keyword density hingga sekian persen, penggunaan bold, italic, atau underline untuk tiap keyword, dan banyak peraturan lainnya. Namun, jika kita terlalu straight mengikuti aturan tersebut, kualitas artikel bisa jadi menurun.

 

Untuk penulis pemula, cukup gunakan YOAST atau plugin SEO lainnya untuk membantu. Melalui plugin ini, ada indikator yang menunjukkan kualitas artikel dari sisi mesin pencari. Anda tinggal mengikutinya saja jika ingin membuat artikel yang SEO Friendly.

 

  1. Riset itu Penting

Dalam menulis, riset sangat penting. Anda tentu akan kesulitan menulis jika tidak tahu materi yang akan dibahas. Untuk itu, Anda perlu riset. Kumpulkan informasi-informasi terkait topik yang akan Anda bahas, lalu pelajari dengan baik.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Membuat Website Di WordPress

  1. Judul yang Menarik, tetapi Bukan Clickbait

Anda tentu kesal juga gak saat mendapati judul-judul yang cuma clickbait? Maka dari itu, jangan melakukan hal yang serupa.

 

Judul menarik itu penting, tetapi bukan berarti Anda boleh menipu pembaca dengan judul-judul yang sifatnya clickbait. Judul harus bisa mewakili garis besar dari tulisan.

 

Lalu, bagaimana cara membuat judul yang menarik?

 

Coba tambahkan nilai plus dalam judul yang Anda buat. Contoh sederhananya begini, Anda ingin membuat artikel tentang aplikasi edit foto, coba perhatikan dua contoh berikut:

 

Untuk judul yang pertama, tak ada nilai lebih yang ditawarkan oleh penulis. Jadi, kesannya biasa saja. Pembaca mungkin tak tertarik untuk mengeklik artikel tersebut.

 

Berbeda dengan judul yang kedua, ada tambahan angka “5” dan juga kata “ringan”. Seperti yang kita tahu, aplikasi edit foto biasanya sangat berat. Kalau ada aplikasi yang ringan, tentu pembaca bisa lebih tertarik.

 

Lalu, hindari juga judul seperti “5 Aplikasi Edit Foto Terbaik, Nomor 3 Wajib Diinstall”. Saya sendiri geli membaca judul-judul dengan tipe seperti ini. Kalau ternyata poin nomor 3 biasa saja, ini sudah termasuk clickbait. Hindari judul-judul seperti ini karena selera orang sangat berbeda-beda. Menurut kita, mungkin poin 3 adalah yang paling fantastis, tetapi mungkin tidak begitu untuk orang lain.

 

Intinya, saat membuat judul, Anda harus memberikan nilai plus untuk menunjukkan kelebihan artikel. Akan tetapi, jangan gunakan bahasa yang berlebihan karena menarik bukan berarti berlebihan. Cobalah untuk terus berlatih membuat judul yang menarik.

 

  1. Konten Artikel Berkualitas dan Terstruktur

Saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia, Anda tentu sudah diajari cara menulis artikel, bukan? Saatnya mempraktikkan materi yang sudah kita dapat selama bertahun-tahun sekolah.

 

 

  1. Perhatikan Ejaan

Anda mungkin berpikir bahwa ejaan tak terlalu penting karena tidak sedang membuat makalah untuk tugas. Akan tetapi, dalam cara membuat artikel website, ejaan ternyata tetap penting. Jika sebuah artikel menggunakan ejaan yang baik, artikel tersebut bisa lebih terpercaya.

Demikian adalah pembahasan sederhana untuk cara menulis artikel website. Semoga pembahasan ini bisa benar-benar memudahkan Anda dalam menulis.

Klik disini untuk dapatkan jasa Artikel SEO murah dan berkualitas.