Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Backlink adalah link atau tautan dari suatu situs yang mengarahkan ke halaman situs kamu. Backlink juga biasa dikenal dengan sebutan inbound links atau incoming links.

Apa itu backlink yang berkualitas?

Ada beberapa karakteristik dari backlink yang berkualitas, seperti:

Domain authority

Backlink tersebut berasal dari situs dengan Domain Authority yang tinggi, memiliki peringkat yang baik di mesin pencari dan memiliki banyak referring domain.

Relevansi

Backlink yang berkualitas berasal dari situs yang memiliki topik dan niche yang serupa dengan laman atau situs kamu.

Unik

Backlink yang berasal dari sebuah situs yang menautkan banyak link ke banyak domain lainnya akan dianggap kurang unik dan berharga daripada backlink dari situs yang hanya memiliki beberapa outgoing links.

Traffic

Backlink tersebut berasal dari situs dengan pembaca yang aktif, paparan media sosial yang baik dan jumlah pengunjung yang tinggi.

Anchor text

Backlink dengan anchor text yang sesuai dengan target keyword kamu dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Adanya korelasi antara anchor text dengan kata kunci tersebut dapat memengaruhi peringkat target keyword kamu tersebut.

Do-follow link

Backlink berupa dofollow link dapat membantu kamu meningkatkan page rank, mendapatkan lebih banyak poin SEO dan meningkatkan link juice yang membuat situs kamu memiliki peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

 

Cara mendapatkan backlink berkualitas

Mendapatkan backlink berkualitas tinggi memang adalah bagian yang cukup sulit dan menantang dalam SEO. Meski begitu ada beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu coba, seperti:

  1. Buat konten berkualitas tinggi

Bila laman situs kamu terlihat berkualitas rendah dan tidak memiliki informasi yang berharga maka situs lain juga tidak akan melihat kamu sebagai brand dengan otoritas yang layak ditautkan di situs mereka.

 

  1. Guest blogging

Metode ini menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang populer karena sama-sama akan menguntungkan dua pihak. Untuk melakukan metode ini pertama-tama identifikasi situs yang sesuai niche kamu di mana kamu dapat berkontribusi. Selain situs editorial, kamu dapat menemukan opsi lain dengan melihat guest blogging yang dilakukan oleh kompetitor kamu.

 

  1. Membuat skyscraper content

Buatlah skyscraper content dengan menemukan konten yang sudah bagus dan membuatnya Untuk membuat skyscrapper content, pertama-tama temukan konten di dalam industri kamu yang memiliki performa baik dalam hal links. ​​​​​​​Ini dapat kamu lakukan dengan melakukan pencarian Google sederhana dengan mengetikkan kata kunci kamu lalu lihatlah hasil di halaman pertama pencarian.

 

  1. Buat konten dengan format yang terbukti menghasilkan backlink

Ada beberapa jenis format konten yang terbukti cenderung memiliki kinerja lebih bagus untuk mendapatkan banyak backlink. Beberapa format konten tersebut seperti:Listicle, Kuis, Infografik, Video.

 

  1. Publikasikan artikel berupa panduan utama

Konten seperti ini cenderung panjang dan komprehensif. Studi menyebutkan bahwa konten yang panjang cenderung memiliki kinerja yang lebih baik di Google dibanding artikel pendek.

Selain itu bentuk konten berupa panduan juga biasanya menjadi sumber tentang suatu topik yang digunakan oleh orang-orang ketika menuliskan topik tersebut di blog mereka.

Baca juga : Pentingnya Website Mobile Friendly Untuk Bisnismu

  1. Buatlah tools gratis

Untuk memulai metode ini, cobalah lakukan riset dengan memasukan kata kunci di industri kamu. Lihat tools apa yang muncul di 10 hasil pencarian teratas untuk kata kunci tersebut.

Cari tahu tools atau generator mana yang menerima backlink paling banyak saat ini. Dari sini buatlah sesuatu yang serupa tetapi jauh lebih baik, misalnya desain yang lebih baik atau opsi yang bisa disesuaikan, dan lain-lain.

 

  1. Gunakan metode broken link building

Jangkaulah situs yang memiliki outbound link yang rusak dan sarankan mereka untuk memperbaruinya dengan link ke salah satu laman di situs kamu. Tentu saja pastikan bahwa halaman di situs kamu tersebut harus menjadi sumber yang bagus dan sesuai dengan topik yang awalnya mereka tautkan.

 

  1. Gunakan strategi dan teknik branded

Brian Dean dari backlinko pernah membuat strategi bernama Moving Man method untuk menjelaskan strategi membangun link dari sumber yang sudah ketinggalan zaman.

Pemberian nama tersebut ia lakukan agar orang-orang mudah ingat pada strategi yang ia rancang. Strategi unik tersebut akhirnya sering digunakan oleh orang-orang dalam situs mereka dan pada akhirnya memberi backlink ke konten Brian Dean yang menjelaskan Moving Man Method tersebut.

 

  1. Ubah brand mentions menjadi backlink berkualitas

Jika ada orang yang menyebutkan kamu di dalam postingan konten mereka tapi tidak memberikan tautan ke situs kamu, maka itu dapat disebut sebagai unlinked brand mention. Gunakan ini untuk membuka peluang bagi kamu mendapatkan backlink berkualitas.

Itu dia beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu coba saat melakukan optimasi SEO untuk situs kamu. Klik disini, untuk dapatkan Jasa SEO Artikel berkualitas.