Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Penulis artikel – Belakangan kata “viral” bukan lagi menjadi hal yang asing untuk kita dengar, kini kata tersebut biasa digunakan untuk konten seperti video, gambar, artikel berita dan sebagainya. Konten-konten yang sudah viral tentu memiliki banyak sekali jumlah penonton atau pembaca. Hal ini dapat mendatangkan banyak keuntungan, mulai dari ketertarikan sebuah brand untuk memasang iklan pada platform kamu atau website atau secara personal kamu menjadi terkenal karena konten yang kamu hasilkan.

baca juga: Cara Menulis Artikel Seo Sesuai Panduan Yoast

Lalu bagaimana membuat artikel yang viral?

Tentunya ada kepuasan sendiri jika tulisan yang kita tulis memiliki banyak pembaca, namun  sayangnya untuk membuat tulisan kita viral dan dibaca oleh sekian banyak orang bukan hal yang mudah jika kita tak mengetahui tekniknya dan hal apa saja yang harus kamu lakukan ketika menulis. Kemudian ada fakta yang harus kamu hadapi bahwa beberapa media melakukan upaya dengan berbagai cara agar artikelnya mampu viral seperti membuat judul yang klik bait yang justru membuat citra media tersebut tidak baik dimata pembaca. Demi menjaga kualitas tulisan dan membangun komunitas pembaca yang sehat sebaiknya kamu menggunakan teknik-teknik yang benar yang disukai oleh pembaca. Dibawah ini berbagai cara dan tips tentang bagaimana cara membuat artikel viral yang berkualitas:

Riset keyword

Pada tahap awal adalah riset keyword, agar artikel kita menemukan pembacanya dan fokus artikel tidak kemana-mana sebaiknya kamu melakukan riset keyword terlebih dahulu, carilah keyword yang berkaitan dengan tema yang akan kamu tulis, lihat berapa potensi pembaca yang membutuhkan artikel tersebut dari situ kamu akan memiliki gambaran tentang berapa orang yang membaca dan membagikan artikel tersebut. Jika kamu sudah menemukan keyword tersebut kamu tinggal meletakannya pada judul artikel dan menyebarkan pada body artikel, seperti di paragraf pertama dan subheading.

Menulis judul yang menarik minat pembaca

Judul artikel layaknya sebuah cover buku, seseorang tidak bisa langsung tertarik pada isi buku tersebut jika cover bukunya tidak cukup menarik untuk mengundang minat pembaca, untuk itu usahakan membuat judul yang menarik, buatlah pembaca menjadi penasaran. Misal sesuatu yang mengungkap rahasia, tutorial yang menawarkan kemudahan, menawarkan benefit yang akan didapatkan oleh pembaca.

Menempatkan keyword pada 50 karakter pertama artikel

Seperti yang disebutkan diatas keyword merupakan hal yang penting untuk membuat artikel viral. Pada paragraf pertama sebuah artikel hendaknya terdapat keyword. Ini dikarenakan paragraf pertama menjadi alternatif dari meta description pada sebuah website dan menjadi paling awal dicrawl oleh mesin pencari google dan akan ditampilkan pada deskripsi masing-masing website di halaman mesin pencari. Jadi intinya pastikan keyword yang kamu tentukan ada diparagraf pertama.

Menyebut target pembaca di judul

Ketika menulis tentu kita sudah menentukan siapa yang akan menjadi target pembaca kita. Sebaiknya kita menuliskan target pembaca pada judul misalnya seperti “trik menabung cerdas untuk karyawan dengan gaji UMR” dengan menyebut target pembaca tersebut maka orang-orang yang statusnya sama dengan target pembaca merasa terpanggil dan tertarik untuk mengklik artikel yang sudah kamu buat.

Menambahkan Gambar yang menarik

Agar lebih menarik lagi dan para pembaca tidak cepat bosan, hendaknya didukung oleh gambar-gambar yang menarik yang sesuai dengan isi artikel. Saat ini banyak platform atau website penyedia gambar gratis dengah resolusi dan kualitas tinggi kamu bisa menggunakan kemudahan tersebut untuk menambahkan gambar dikonten kamu sehingga menjadi lebih menarik lagi.

Publish

Ini merupakan tahap akhir dari tips ini, setelah publish bagikan artikel diberbagi platform media sosial bisa lewat sosial media pribadi atau sosial media brand yang sudah kamu bangun sejak awal. dengan cara ini potensi untuk viral juga semakin tinggi.