Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel Seo Murah – SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Jika di SEO on page Anda hanya berkutat pada faktor-faktor SEO internal website, SEO off page menuntut Anda untuk mengoptimasinya dari faktor-faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud di sini adalah dari inbound link/backlink hingga share di media sosial.

Salah satu kesalahpahaman soal SEO off page yang paling umum adalah SEO off page hanya membahas soal link building. Padahal SEO off page jauh lebih luas dari itu. Link building memang faktor terpenting dalam SEO off page, tapi bukan satu-satunya.  Ada berbagai langkah optimasi SEO off page dan kami akan menjelaskannya masing-masing secara lengkap di bawah ini.

 

6 Cara Optimasi SEO Off Page

  1. Link Building

Bicara soal SEO off page memang tidak pernah bisa lepas dari link building. Link building merupakan faktor terpenting dalam SEO off page. Mengapa link menjadi faktor terpenting dalam SEO off page?

 

Sebab Google menggunakan algoritma bernama Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink yang ada di sebuah website. Beberapa profesional SEO mengatakan Page Rank sudah kedaluwarsa. Namun, faktanya Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor penilaian Google.

 

  1. Listing Bisnis

Terdaftar di listing bisnis online juga akan membantu SEO off page Anda. Ada beberapa listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya adalah Trip Advisor, Zomato, dan GrabFood.

Trip Advisor adalah situs review yang menampung listing bisnis di bidang penginapan, tempat rekreasi, hingga restoran. Sedangkan GrabFood dan Zomato dikhususkan hanya untuk restoran.

 

  1. Brand Mention di Media Online

Biasanya setelah melakukan sebuah kampanye atau kegiatan tertentu, bisnis Anda bisa mendapatkan brand mention dari media online. Salah satu contohnya, setelah Niagahoster menjalankan kampanye #TrashTag awal 2019, MIX Indonesia menyebutkan brand Niagahoster di salah satu artikelnya.

 

  1. Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan listing bisnis gratis dari Google. Siapa pun yang punya bisnis, bisa mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Google Bisnisku ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kualitas SEO off page Anda, terutama untuk SEO lokal.

Baca juga : Perbedaan SEO dan SEM Plus Tips Memilih Mana yang Terbaik

  1. Review

Review yang dimaksud di sini tidak hanya dari review Google Bisnisku, tetapi juga dari situs-situs review lainnya. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off page website Anda.  Sayangnya, pelanggan seringkali malas untuk memberikan review produk.

 

  1. Share di Media Sosial

Google secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukan termasuk faktor ranking dan tidak berpengaruh pada SEO secara langsung. Salah satu dugaan alasan share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor ranking adalah terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan like dan share dengan harga terjangkau.

 

Lalu mengapa share di media sosial masih kami masukkan sebagai salah satu langkah SEO off page? Sebab share di media sosial yang asli (bukan dari hasil membeli) tetap punya pengaruh secara tidak langsung ke SEO off page.

 

Semakin banyak yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten Anda. Dengan begitu potensi konten Anda untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung.  SEO off page memang cenderung lebih sulit dibanding SEO on page. Sebab sebagian besar faktor SEO off page tidak bisa Anda kontrol sepenuhnya. Namun, semua kerja keras itu akan terbayar ketika authority dan trafik Anda meningkat setelah menerapkan semua langkah optimasi SEO off page.

 

Namun, sebelum mulai menerapkan SEO off page, pastikan Anda sudah tuntas dalam mengoptimasi website dari sisi on page. Mengapa ini penting? Sebab tanpa kualitas SEO on page yang bagus, website-website lain akan enggan untuk merujuk ke website Anda. Akibatnya, potensi mendapatkan inbound link/backlink ke website Anda pun semakin kecil.

Klik disini untuk dapatkan jasa SEO Artikel murah dan berkualitas.