Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa SEO Artikel – Latent Semantic Indexing atau LSI keyword adalah kata dan frasa yang oleh Google atau mesin pencari dianggap memiliki keterkaitan secara semantik dengan suatu topik.  Contohnya, saat kamu mengetikkan kata kunci mouse di mesin pencari, maka kemungkinan hasil pencarian atau gambar yang akan keluar adalah tentang tikus atau produk mouse komputer.

Ini terjadi karena kata mouse menunjukkan dua fungsi kata yang cukup besar dalam mesin pencarian. Itu sebabnya saat hendak menulis artikel, kamu harus menuliskan kata kunci yang spesifik dan sesuai dengan isi artikel agar ketika kata kunci itu dicari di mesin pencari Google, artikel kamu bisa ditemukan.

 

Apakah LSI keyword benar-benar dapat berfungsi dalam SEO?

Masih terdapat banyak kontroversi tentang apakah penerapan LSI keyword bisa mendongkrak peringkat di Google. Beberapa bahkan mengatakan bila itu hanya mitos tentang SEO saja.

John Muller seorang Webmaster Trend Analyst dari Google menjawab salah satu tweet pengguna yang meminta pendapatnya, ia menuliskan bila Google tidak pernah menggunakan LSI keyword.

“There’s no such thing as LSI keywords– anyone who’s telling you otherwise is mistaken, sorry.” John Muller.

Namun, dalam artikel Webfx.com dituliskan bahwa penerapan LSI keyword ini sempat dilakukan oleh Google dalam salah satu update algoritmanya pada tahun 2004, di mana mesin pencari mulai saat itu sudah mengerti sinonim atau frasa semantik. Dengan adanya LSI keyword ini diharapkan bisa memberikan hasil pencarian yang relevan bagi pengguna.

Baca juga : Panduan Buat Websitemu Mudah Ditemukan di Google

Tak hanya itu LSI keyword juga dianggap membantu dalam memahami hyperlink dalam penggunaan internal links atau anchor text yang ada dalam sebuah situs. Dengan adanya LSI keyword ini algoritma Google tidak hanya mencari satu keyword yang cocok pada halaman situs kamu, tapi juga melihat semua yang ditawarkan dalam halaman melalui proses crawling.

Nantinya Google akan melakukan crawling halaman dengan melihat keyword lainnya yang ada dalam halaman situs tersebut. Algoritma Google akan menimbang semua industri, nama bisnis, dan situs untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh dari setiap halaman situs itu.

Bahkan, hebatnya lagi algoritma Google akan dapat membaca halaman untuk memahami konteksnya yang pada akhirnya mampu membedakan kata berdasarkan detail terkecil.

Contoh, melalui pembaharuan LSI keyword Google dalam membedakan kata “mouse” untuk tikus dan kata “mouse” untuk benda. Inilah sebabnya LSI keyword menjadi penting dalam pembaharuan algoritma Google.

Cara menemukan LSI Keyword

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu gunakan mengaplikasikan teknik LSI keyword ini dalam konten situs kamu. Perhatikan hal berikut:

Jangan hanya fokus pada sinonim

Saat kamu ingin menemukan LSI keyword jangan selalu terpaku pada sinonim dari keyword utama tersebut.

Contoh saat kamu mencari kata kunci pantai terbaik di Bali, kamu tidak harus menggantinya menjadi pesisir terbaik di Bali atau laut terbaik di Bali.  Sebaliknya, kamu bisa membuat daftar istilah yang relevan seperti liburan di pantai, liburan di Bali, main air di Bali dan sebagainya.

 

Gunakan tools pencarian kata kunci Google dan lainnya

Cara untuk menemukan LSI keyword yakni dengan menggunakan Google Keyword Planner. Ini adalah tools yang dimiliki oleh Google dan terdapat dalam Google Ads.

Untuk dapat menggunakannya kamu harus membuat akun Google Ads terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa mulai mencari LSI keyword yang dibutuhkan melalui tools keyword planner tersebut. Atau kamu juga bisa menggunakan beberapa tools keyword lainnya misalnya Ubersuggest, LSIKeywords.com, LSI Graph, Ahref dan lain-lain.

 

Menggunakan penelusuran terkait di Google

Kamu juga bisa mengetahui LSI Keyword hanya dengan mengetikkan kata kunci di bagian mesin pencari atau istilahnya autocomplete. Nantinya sebelum menekan enter atau mengklik search, kamu akan mendapat gambaran tentang keyword terkait lainnya.  Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang LSI Keyword.  Terlepas dari mitos atau tidaknya peran ini dalam SEO Google tak ada salahnya untuk menggunakan dan mencobanya.

Klik disini, untuk dapatkan jasa SEO terbaik.