Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan website untuk search engine? Yuk Ketahui tentang Dasar SEO WordPress untuk mengoptimalkan website kamu di hasil pencarian.

  1. Pastikan Website kamu dapat Terindex Mesin Pencari

Pastikan website wordpress kamu dapat di crawl/dirayapi oleh search engine, Dengan begitu maka website kamu akan dapat diindex oleh search engine. Index search engine sendiri berfungsi untuk menampilkan konten kamu di hasil pencarian.

SEARCH ENGINE VISIBILITY

Untuk memastikan website kamu terindex, Periksa pengaturan visibilitas website wordpress kamu. Kamu bisa memeriksanya pada dashboard situs wordpress dan klik pada menu Settings​ >> ​Reading​. Setelah masuk laman tersebut, Pastikan jika pada opsi “​Search Engine Visibility​” tidak tercentang.

CEK INDEX WEBSITE

Cara lainnya untuk memastikan website kamu dapat terindex yaitu dengan memanfaatkan browser. Cukup ketikkan “site:namadomainkamu.com” pada browser dan tekan enter, Jika Muncul hasil pencarian tentang website kamu, maka website kamu sudah dapat terindex oleh search engine.

 

  1. Gunakan Struktur URL yang SEO Friendly

URL yang SEO friendly yaitu pendek, menjelaskan isi konten, dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari. Atau sesuai dengan kata kunci yang akan kamu gunakan.Berikut beberapa contoh URL SEO friendly:

 

https://www.namadomain.com/panduan-seo-wordpress

https://www.namadomain.com/belajar-seo

https://www.namadomain.com/cara-install-wordpress

Untuk mengatur permalink situs website wordpress kamu, Cukup dengan klik Menu ​Settings>> ​Permalinks​ kemudian pilih opsi permalink yang ingin gunakan.Sebaiknya kamu menggunakan permalink tipe Postname, Tipe ini memungkinkan kamu menggunakan url ​namadomain.com/sample-post​ Url tipe ini sangat mudah untuk diingatdan diketik.

 

Plugin SEO WordPress Terbaik

Saat ini banyak tersedia plugin SEO yang tersedia di wordpress baik yang gratis maupun berbayar.Tenang, kami akan membantu kamu dalam menentukan Plugin SEO gratis terbaik.

 

  1. Menentukan Plugin SEO WordPress Terbaik

Saat ini untuk plugin SEO yang terpopuler yaitu Yoast SEO,All In One SEOPack, dan Rank Math SEO.​ Ketiga plugin SEO tersebut merupakan plugin gratis yang memiliki banyak fitur dan yang paling banyak direkomendasikan.

Ketiganya merupakan solusi yang efektif dalam mengoptimalkan website kamu, Kamu bisa menggunakan salah satu dari ketiga rekomendasi plugin SEO wordpress diatas. Namun Untuk saat ini yang paling banyak digunakan yaitu ​Yoast SEO​.

 

  1. Tambahkan Website kamu ke Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah tools gratis yang disediakan oleh google untuk para webmaster yang dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan website dan memantau performa website. Google Search Console akan memberikan laporan dan data untuk membantu kamu dalam memahami bagaimana halaman website kamu muncul di hasil pencarian. kamu akan dapatmemperoleh banyak informasi untuk mengoptimalkan website kamu.

 

  1. Menambahkan XML Sitemap pada Google Search Console

XML Sitemap adalah sebuah file yang diformat khusus yang berisi semua URL setiap halaman di situs web kamu. XML sitemap memudahkan search engine untuk menemukan semua konten dalam website kamu.

 

  1. Mengoptimalkan Posting Blog kamu untuk SEO

Kamu bisa memanfaatkan plugin SEO yang sudah kamu gunakan untuk mengoptimalkan postingan blog kamu. Plugin SEO tersebut dapat membantu kamu untuk membuat konten yang sesuai dengan standar SEO, Sehingga konten kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan peringkat website.

 

Praktik Terbaik SEO WordPress

Jika kamu sudah mulai mencoba panduan dasar-dasar SEO diatasi, Dan kamu Menginginkan hasil yang lebih baik dihasil pencarian Google, maka kamu perlu mengikuti praktik terbaik SEO WordPress di bawah ini.

 

  1. Gunakan Kategori dan Tag yang Sesuai dengan Konten

Dalam wordpress, Kategori merupakan pengelompokan yang luas dari posting atau konten yang kamu buat. Sedangkan tag adalah kata kunci yang lebih spesifik dan menggambarkan tentang konten dari setiap postingan.

 

  1. Tambahkan Tautan Internal dalam Postingan

Pastikan saat membuat konten kamu harus menautkan setidaknya 3 buah tautan internal,Dan pastikan jika tautan tersebut related dengan konten yang sedang kamu buat.Dengan menautkan internal link akan membantu kamu dalam meningkatkan tampilan halaman kamu lainya,dan pada akhirnya akan meningkatkan SEO setiap posting dan halaman blog kamu.

Baca juga : Langkah Mudah Mempercepat Loading Website Untuk SEO

  1. Tambahkan Tautan Eksternal dalam Postingan

Untuk Memperkuat SEO WordPress kamu, Pastikan jika kamu menambahkan tautan eksternal yang related dari postingan yang dibuat dan berasal dari website yang memiliki authority lebih tinggi.

 

Optimasi Kecepatan dan Keamanan SEO WordPress

Kecepatan load website dan keamanan website sangat penting, Karena berdampak pada SEO website kamu. Dalam panduan SEO WordPress ini, kamu bisa belajar SEO menerapkan beberapa cara untuk mencegah situs kamu dari kehilangan trafik organik karena load website yang lama atau keamanan website yang lemah.

 

  1. Optimalkan Kecepatan dan Kinerja website

Untuk optimasi website agar cepat, Salah Satu faktor penentu kecepatan website adalah hosting yang digunakan, Pastikan kamu menggunakan hosting yang memiliki performa dan kinerja yang baik. Dalam urusan hosting kamu bisa menggunakan jagoan hosting, Karena hosting dari jagoan hosting memiliki perfoma yang sangat baik sehingga saat website yang diakses akan lebih cepat.

 

  1. Mengoptimalkan Gambar di WordPress untuk SEO

Sebaiknya untuk resolusi gambar sesuai dengan layout website yang sedang digunakan,Pastikan resolusi gambar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika kamu tidak memperhatikan ukuran dan kualitas gambar, maka mereka dapat memperlambat situs web kamu.

Jika kamu menggunakan banyak gambar maka sebaiknya kamu menggunakan Lazy Load, Lazy load adalah fitur untuk menunda inisialisasi suatu objek seperti gambar, video, dll sampai pada titik dibutuhkannya. Jadi website kamu akan lebih cepat diakses, Karena Hanya gambar yang dibutuhkan saja yang terload.

 

  1. Mulai Gunakan SSL / HTTPS

Banyak yang berpendapat jika SSL/HTTPS merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat website kamu. Keamanan adalah prioritas utama bagi Google, Maka dari itu google ingin memastikan jika penggunanya aman saat berselancar dari internet.

 

  1. Pastikan Website Aman dari Malware

Setiap hari, Google membuat daftar hitam ribuan website yang terkena malware, Ketika Situs kamu dimasukkan dalam daftar hitam, Maka website kamu tidak akan muncul di hasil pencarian apapun.

Ini berarti keamanan website WordPress kamu sangat penting, kamu tentunya tidak ingin semua kerja keras kamu tentang SEO sia-sia karena website kamu masuk daftar hitam google sehingga tidak dapat muncul di hasil pencarian Google.

Untuk dapatkan jasa SEO murah silahkan klik disini.