Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa Artikel SEO – Jika ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendorong angka pembelian konsumen, maka UGC atau User Generated Content merupakan salah satu langkah yang harus kamu perhitungkan dalam strategi pemasaran brand kamu. Pasalnya, survei menyebutkan bahwa 85% konsumen mengaku bahwa konten UGC lebih memengaruhi keputusan pembelian mereka dibanding hasil mesin pencari atau promosi iklan brand lainnya.

Jadi, apa itu UGC dan mengapa perannya begitu efektif dalam pemasaran brand ?

UGC atau User Generated Content adalah jenis konten baik itu teks, gambar atau video tentang suatu brand atau produk yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna atau konsumen di media sosial atau platform online lainnya. Ini bisa berupa komentar, review, podcast, blog, atau unggahan di media sosial lainnya. UGC sendiri gratis, tidak berbayar, dan sepenuhnya bergantung pada pengguna yang mempromosikan konten tersebut.

Ada beberapa hal yang membuat User Generated Content memiliki peran penting dalam strategi pemasaran sebuah brand atau produk, yaitu:

  1. Sifatnya yang autentik dapat mendorong pembelian konsumen

Karena dibagikan oleh pengguna yang bukan datang dari kalangan brand, konten UGC dianggap lebih autentik dan jujur sehingga pelanggan lebih mempercayainya dibanding konten dari brand itu sendiri. Ini dibuktikan dalam studi yang menyebutkan bahwa 85 persen konsumen mengaku lebih mempercayai UGC dibanding konten dari brand. Rasa percaya ini yang kemudian dapat mendorong pengguna untuk melakukan pembelian atas suatu barang.

Baca juga : Memahami data warehouse dan manfaatnya

  1. Meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan

Tidak hanya itu, karena sifatnya yang autentik, UGC juga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap brand. Bila dikelola dengan tepat, tidak menutup kemungkinan bila kamu bahkan dapat menciptakan brand community yang tentunya akan bermanfaat bagi strategi pemasaran merek di kemudian hari.

 

  1. Mengetahui cara pandang pelanggan terhadap brand

Dengan menganalisa User Generated Content, brand dapat mengumpulkan insight pelanggan terhadap mereka. Ini tentu akan sangat bermanfaat ketika merek harus merancang strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat membantu menghasilkan lead dan penjualan.

 

  1. Menunjang strategi SEO

Brand dapat memperoleh backlick dari konten yang dipublikasikan pengguna di blog mereka. Studi menemukan bahwa 20 merek terbesar dunia, 25% dari hasil pencarian mereka adalah tautan ke konten yang dibuat pengguna. Ulasan pelanggan yang positif juga dapat meningkatkan peringkat SEO sehingga semakin banyak traffic organic yang masuk ke situs kamu.

 

  1. Meningkatkan jangkauan dan pertumbuhan media sosial

Menjalankan kampanye UGC di media sosial juga menjadi strategi yang baik untuk meningkatkan jumlah follower, reach, brand awareness, traffic situs brand dan metrik seperti likes, share, comment, dan retweet.

 

  1. Lebih hemat uang dan waktu

UGC juga dapat menjadi sumber daya yang hemat biaya dan waktu bagi strategi pemasaran brand.  Sebab, secara tidak langsung pelanggan akan membantu pekerjaanmu dalam memasarkan produk.

 

Tips menggunakan user generated content dalam strategi pemasaran

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, lantas bagaimana cara menggunakan UGC ke dalam strategi pemasaran brand? Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Review dari pengguna

Doronglah pelanggan untuk meninggalkan ulasan tentang brand kamu di situs brand, halaman facebook, atau situs ulasan pihak ketiga.

  1. Buat kontes dengan menggunakan tagar khusus

Salah satu ide lain menerapkan user generated content untuk strategi marketing adalah mengadakan kontes di media sosial dengan menggunakan hashtag khusus.

  1. Buatlah gamification

Cara lain membuat User Generated Content dan melibatkan pengguna adalah melalui gamification. Ciptakan gamification dimana pengguna harus menyelesaikan beberapa tugas misalnya untuk mendapatkan reward atas partisipasi mereka.

  1. Berikan ruang bagi pelanggan

Jika selama ini pelanggan suka memberi tag atau tagar brand kamu di unggahan instagram mereka, maka gunakanlah ini sebagai peluang dalam strategi pemasaran kamu. Itulah penjelasan mengenai user generated content dan bagaimana perannya dalam strategi pemasaran sebuah brand yang harus kamu simak.

Jika kamu ingin meningkatkan keterlibatan pengguna maka pastikan kamu memasukkan user generated content dalam strategi content marketing kamu di tahun 2020 ini, ya.

Untuk dapatkan jasa Artikel SEO murah dan berkualitas, klik disini.