Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Penulis artikel – Keberadaan konten memang tak bisa lepas dari website, entah itu dalam bentuk gambar, tulisan atau video, sebesar apapun sekala bisnis kita, keberadaan konten tetap di butuhkan demi mengedukasi pengunjung tentang informas-informasi penting yang berkaitan dengan bisnis.

Lalu yang jadi pertanyaan, ketika kita sudah memaksimalkan waktu untuk memproduksi konten di website apakah konten tersebut cukup efektif? Jawaban pertanyaan ini adalah tergantung dari kualitas konten yang sudah kita buat. Nah untuk mengukur kualitas dari konten kamu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi apakah sebuah website sudah berisi konten yang berkualitas atau belum, berikut penjelasannya.

baca juga: Cara Bagaimana Membuat Press Release yang Benar

Mempunyai tujuan yang jelas

Setiap kali membuat website, usahakan tanyakan pertanyaan ini kepada dirimu sendiri dulu tentang “kenapa konten tersebut harus kamu buat”, “kenapa harus mengangkat tema ini”,”apakah yang akan pengunjung dapatkan ketika membaca konten ini”. Ini merupakan pertanyaan dasar yang harusnya dapat kamu jawab agar maksud tulisan tidak kabur dari tujuan konten itu dibuat. Dan dari sinilah kamu dapat mengetahui apakah konten yang kamu produksi cukup bermanfaat atau tidak?

Dengan menuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut kamu jadi dapat menjawab dengan goal-goal yang sudah kamu tentukan, berikut adalah contoh dari tujuan membuat konten:

-mendapat pengunjung baru

-menjangkau pengunjung dari segmen A

-mengedukasi pembaca

-dst

Memberikan solusi atau menyelesaikan masalah

Setiap orang tentu mencari apa yang memberikan benefit bagi dirinya, termasuk informasi yang beredar di internet, apalagi informasi tersebut mampu memberikan solusi atau masalah yang kita punya dapat terselesaikan, konten website yang seperti ini tentunya akan selalu di kunjungi orang-orang lebih dari sekali atau berkali-kali, karena mereka tahu bahwa konten-kontennya mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang sesuai ketertarikan mereka.

Informasi yang akurat

Selanjutnya yang jadi kriteria apakah konten websitemu berkualitas atau tidak adalah tentang kedalaman informasi yang tersaji di dalam konten. Karena bisa jadi ada banyak website yang bisa menulis konten yang sama, tetapi jika konten yang kamu buat merupakan konten yang alakadarnya tanpa informasi yang akurat dan mendalam. Maka akan sangat mustahil website kamu dapat memenangkan persaingan. Pengunjung akan lebih memilih website dengan informasi yang lebih lengkap.

Memenuhi standart jurnalisme

Apapun tema konten yang kamu buat sebaiknya pastikan juga sudah memenuhi standar jurnalisme. Yang bedasarkan fakta dan data yang valid, berisikan 5W 1H yang mengidentifikasikan bahwa konten yang sudah kamu buat bukanlah konten yang asal, sekedar pengisi slot website yang harus diupdate setiap harinya.

Dapat dengan Mudah dipahami

Terkadang ada website yang berisi informasi penting dan pastinya bermanfaat untuk para pembaca namun yang disayangkan adalah sulit dipahami dari segi penyampaian, akibatnya pembaca tidak begitu mengerti tentang isi konten tersebut, untuk itu penting bagi para pemilik website untuk mengetahui bagaimana cara target audience mengonsumsi konten, jangan sampai konten yang sudah susah payah dibuat tidak menemukan pembacanya.

Informasi ter-update

Nah ini yang tak kalah penting, memaparkan informasi yang up to date, harus relevan dengan kondisi yang sedang berlangsung. Perbaharui lagi konten konten lama yang sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini, misalnya tentang informasi yang di butuhkan di tahun 2020, agar pembaca yang datang dari mesin pencari bisa menemukan informasi yang paling terbaru dari website kamu. Konten yang up to date menandakan bahwa sangat peduli dengan informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca.