Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah – Sebuah penelitian tentang konten artikel  baru-baru ini menyebutkan bahwa ada beragam metrik yang dapat menunjang performa konten tersebut, salah satunya karakteristik teks artikel seperti berikut ini.

  1. Perhatikan panjang judul konten blogmu

Tidak hanya harus membuat judul konten yang menarik pembaca, kamu juga harus memerhatikan penulisan judul artikel yang memiliki performa yang baik di mesin pencarian seperti Google.  Ada beberapa faktor pada penulisan judul artikel yang dapat memengaruhi traffic dan keterlibatan pembaca di kontenmu. Penelitian menyebutkan rata-rata artikel dengan panjang headline (H1) lebih dari 14 kata memiliki performa yang lebih baik dibanding headline yang lebih pendek antara 7 hingga 10 kata.

 

  1. Semakin panjang isi konten artikel, semakin baik performanya

Tidak hanya harus memerhatikan topik yang akan dibahas, seorang content writer juga harus mempertimbangkan panjang artikel yang hendak ia buat karena karakteristik tersebut berpengaruh pada performa konten di mesin pencarian.

Penelitian menyebutkan bahwa konten artikel blog dengan panjang lebih dari 3000 kata memiliki performa yang lebih baik di mesin pencarian dibandingkan artikel dengan panjang rata-rata 900 hingga 1200 kata. Artikel dengan panjang lebih dari 3000 kata tersebut mampu menarik traffic 3 kali lebih banyak, 3,5 kali backlink lebih banyak, dan dibagikan di media sosial 4 kali lebih banyak.

Baca juga : Tips Bagaimana Membuat Artikel Viral Dengan Mudah

  1. Tipe judul listicle memiliki performa yang lebih baik

Cara menulis artikel yang SEO friendly selanjutnya adalah membuat judul atau konten dengan tipe listicle. Tidak hanya panjang karakter pada bagian judul artikel yang harus kamu perhatikan. Tipe judul pun juga menjadi faktor tak kalah penting yang menunjang performa kontenmu di mesin pencarian.  Judul artikel dengan tipe listicle dan diawali dengan angka ternyata lebih banyak menarik pembaca dan lebih sering dibagikan di media sosial.

Artikel dengan tipe judul tersebut umumnya dua kali lebih sering dibagikan dan dikunjungi pembaca dibanding artikel dengan tipe judul lainnya. Salah satu alasannya karena tipe judul seperti ini terlihat lebih sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.  Adapun tipe judul artikel lainnya yang juga sering dibagikan di media sosial selanjutnya adalah tipe judul berupa “Cara”, baru kemudian tipe judul berupa pertanyaan dan panduan.

 

  1. Jumlah list di dalam artikel ikut memengaruhi performa

Di bagian sebelumnya sudah dijelaskan bahwa artikel dengan judul dan konten listicle umumnya memiliki performa yang lebih baik di mesin pencarian maupun media sosial.

 

Ternyata tidak hanya penempatan angka di judul, penelitian menyebutkan bahwa jumlah daftar / list di dalam konten artikel bertipe listicle juga ternyata memengaruhi performa artikel tersebut.

 

  1. Memasukkan beberapa backlink ke dalam artikel

Cara menulis artikel SEO kelima yang perlu kamu ingat adalah memasukkan tautan backlink ke dalam artikel, baik itu link internal ataupun eksternal. Seperti tautan link internal akan membantu mengarahkan lebih banyak traffic ke postingan serta akan meningkatkan keterlibatan pembaca situs bahwa mereka akan berada cukup lama di situs tersebut.

Sementara itu, untuk backlink eksternal akan meningkatkan validitas situs yang berasal dari situs terkemuka. Pembaca pun akan mendapat gambaran sumber-sumber bacaan terkait yang kredibel dari informasi yang kamu berikan.

 

  1. Struktur sub judul akan memengaruhi traffic dan engagement artikel

Kamu mungkin sudah sering menggunakan format sub judul agar artikel terlihat lebih menarik, kan? Tetaplah menggunakan sub judul di dalam konten artikel blog. Pasalnya, penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa sebanyak 36 persen artikel yang di dalamnya memiliki sub judul H2 dan H3 ternyata memiliki performa yang lebih baik dalam kategori traffic, share, dan backlink.

Itu dia cara menulis artikel yang SEO friendly untuk kamu perhatikan dan terapkan dalam strategi content marketing di tahun ini. Meski begitu jangan lupa bahwa selain menerapkan struktur karakteristik artikel yang disebutkan di atas, kamu juga tetap harus memerhatikan kualitas kontenmu agar performanya semakin maksimal ya. Masih bingung cari jasa SEO artikel ?,,, klik disini