Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Artikel SEO Murah -Pada dasarnya Google Trends memiliki fungsi seperti alat analisis Google sederhana. Tools gratis  ini mengumpulkan dan membandingkan tren pencarian yang dilakukan pengguna di mesin pencari Google, Google News, Google Images, Google Shopping hingga Youtube di seluruh dunia dan menampilkannya dalam bentuk grafis.

 

Melalui Google Trends, kamu dapat menggunakannya untuk menganalisa beberapa hal seperti:

Tren kata kunci. Kamu dapat memahami tren dari sebuah kata  dalam mesin pencarian. Dari sini kamu juga bisa memahami jenis bahasa yang digunakan target audiens.

Tren musiman. Kamu dapat melihat minat audiens atau pelanggan secara musiman.  Ini akan membantumu dalam merancang kalender editorial sehingga dapat menerbitkan konten yang lebih relevan dengan minat target audiens.

Tren regional. Kamu dapat melihat bagaimana kata kunci digunakan berdasarkan lokasi geografis tertentu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pandangan tren dan minat audiens yang ada di beberapa wilayah berbeda.

Topik terkait. Kamu juga dapat menggunakan Google Trends untuk melihat topik terkait kata kunci yang kamu cari. Ini akan membantumu memahami perilaku pencarian pengguna lebih luas dan menemukan istilah yang relevan.

Cara menggunakan Google Trends pada dasarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

Buka  https://trends.google.com/trends/

Di bagian pojok kanan atas, pilih lokasi negara yang diinginkan

Pada halaman pertama kamu dapat melihat insight atau artikel terbaru dari Google. Selain itu kamu bisa menemukan daftar penelusuran trending terbaru. Ada pula rangkuman trending pencarian di Google berdasarkan tahun pada bagian bawah.

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana tren penelusuran topik atau kata kunci tertentu, kamu tinggal memasukkan topik atau kata kunci tersebut di kolom yang tersedia pada halaman muka Google Trends.

Google Trends akan menampilkan informasi mengenai topik yang kamu masukkan ke dalam kolom pencari. Mulai dari grafik minat, topik terkait dan kueri terkait

Kamu dapat mengelola hasil tersebut dengan mengatur lokasi negara, waktu, kategori hingga jenis penelusuran ( web search, image search, youtube, news search, hingga google shopping) yang kamu inginkan

 

Cara menggunakan Google Trends untuk strategi konten dan SEO

Kamu dapat memanfaatkan Google Trends untuk keperluan strategi SEO dan konten kamu, seperti:

 

  1. Melihat tren pencarian kata kunci
  2. Menemukan kata kunci terkait
  3. Mencari topik terkait
  4. Mencari kata kunci untuk video Youtube
  5. Mengetahui tren lokal

Google tren menawarkan fitur dimana kamu dapat melihat tren di area tertentu. Gunakan kelebihan ini misalnya untuk  menemukan kata kunci sebagai target local SEO.

Misalnya jika ingin mengoptimasikan situs lokal dengan kata kunci “jasa pindahan”, maka kamu harus melihat apakah kata kunci ini tren di daerah tersebut. Jika populer, maka kamu bisa menerapkannya pada kata kunci di situs atau profil media sosial kamu.

Baca juga : 7 SEO Tools Terbaik Untuk Memantau Pergerakan Kompetitor

Cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui tren lokal cukup sederhana.

Kamu cukup melakukan langkah-langkah pencarian di Google Trends seperti biasa.

Lalu scroll ke bawah untuk melihat minat pencarian menurut sub wilayah. Kamu dapat mengganti kategori sub wilayah dengan kota.

Setelah itu klik pada sub wilayah yang ingin kamu lihat.

Dari situ kamu bisa melihat grafik minat terhadap topik atau kata kunci itu seiring waktu di wilayah yang ingin kamu lihat.

  1. Menemukan ide konten baru

Tidak hanya mencari kata kunci, di Google Trends kamu juga dapat menemukan ide baru untuk konten kamu. Caranya:

Buka Google Trends

Klik gambar garis tiga di pojok kiri atas

Pilih penelusuran trending.

Fitur ini menampilkan data pencarian yang trending selama 24 jam terakhir. Walaupun kata kuncinya biasanya hanya singkat, namun dari sana kamu bisa mengembangkan ide topik konten baru. Misalnya di daftar trending itu ada istilah kartu pra kerja yang sedang populer. Maka kamu bisa menggunakan kata tersebut sebagai ide konten kamu.

Selain untuk keperluan strategi konten dan SEO, Google Trends sebetulnya juga dapat kamu gunakan untuk melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis.

Bagaimana, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Google Trends bukan? Karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan tools gratis dari Google ini untuk kebutuhan kamu.

Klik disini untuk dapatkan jasa SEO Artikel Murah dan Berpengalaman.