Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa penulis artikel – Di setiap industri bisnis pada bidang apapun, merupakan hal yang sah-sah saja bila menggunakan media sebagai jembatan untuk memperkenalkan brand, produk atau suatu event dari perusahaan tertentu agar diketahui oleh masyarakat luas. Namun yang amat disayangkan adalah tak setiap perusahaan mengetahui bagaimana cara membuat press release yang benar agar pesan yang dimaksud bisa sampai pada target yang dituju, akhirnya release yang dibuat jauh dari kata efektif.

Mungkin diantara kita masih ada yang bertanya, apakah pada saat ini press release masih dibutuhkan? Jawabanya tentu saja masih sebab disinilah justru para jurnalis dapat mengembangkan konten yang berkaitan dengan brand yang sedang ditangani.

baca juga: Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kemampuan yang Harus Dimiliki

Membuat press release tidak sama dengan membuat artikel biasa, metode dan gaya bahasa yang dipakai cenderung menggunakan teknik piramida terbalik. Karena tujuan awal dibuatnya press release adalah agar informasi bisa diterima oleh publik.

Lalu bagaimana membuat press release yang bisa diterima orang banyak? Berikut tipsnya!

Membuat judul se-orisinil mungkin

Tak setiap penulis punya kemampuan menulis judul yang bagus, orisinil dan juga tajam. Namun merupakan hal yang mutlak dalam press release untuk membuat judul yang sebaik mungkin, buatlah judul yang simple, tepat sasaran dan yang terpenting adalah orisinil.

Umumnya para penulis yang sudah lama berkecimpung didalam dunia tulis menulis menyarankan agar judul ditulis setelah tulisan press releasenya selesai. Untuk tambahan agar judul tulisanmu lebih seo friendly pastikan terdapat keyword yang sesuai dengan bisnis didalamnya, jika kamu juga menargetkan tulisan tersebut muncul dihalaman mesin pencari.

Aturan menulis tubuh naskah

Sama halnya seperti menulis artikel lainnya, menulis press release seharusnya juga didasari oleh standar penulisan yang benar. Kamu perlu memahami tentang struktur penulisan terlebih dahulu agar bisa mengerti tentang bagaimana menulis tubuh naskah yang benar.

Pada kalimat awal diparagraf pertama gunakanlah kalimat yang mampu membuat pembaca fokus dan memberi perhatian penuh pada apa yang kamu tulis. Kamu dapat menggunakan kalimat yang singkat namu juga tajam. Jangan biasakan membuat kalimat yang terlalu panjang tanpa bisa dipahami apa maksud dari tulisan tersebut.

Karena secara perilaku umumnya orang-orang yang menyempatkan diri untuk membaca press release adalah orang yang sibuk tak punya banyak untuk membaca artikel yang penuh basa-basi. Pastikan juga press release juga didukung dengan fakta-fakta dan data yang berkaitan dengan tujuan press release itu dibuat.

Menggunakan formula 5W 1H

Ini merupakan formula dasar yang sangat umum diketahui oleh semua penulis, mengenai Siapa, apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Dengan terpenuhinya elemen-elemen tersebut dalam sebuah release maka informasi yang dipaparkan benar-benar dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Buatlah dengan Singkat dan Tajam

Menulis press release mungkin akan terkesan mudah ketika kita mulai mempelajari tekniknya dan mulai menulisnya, tetapi fakta yang harusnya kamu tahu adalah tidak semua media pers bisa menerima release yang masuk dengan tangan terbuka.

Pentingnya bagi penulis untuk menulis release dengan singkat dan tajam agar dapat dipahami dengan mudah. Media massa akan mempertimbangkan lagi untuk mempublish artikel yang kamu tulis jika dirasa masih memiliki banyak kekurangan. Maka itu sebelum dikirimkan pastikan dulu release yang kamu buat sudah benar-benar matang.

Tautan pada informasi pendukung

Akan lebih baik informasi atau data yang dipaparkan dalam sebuah release diberikan tautan agar mengetahui dari mana informasi tersebut berasal. Dan juga dengan memberikan tautan tersebut artinya pembaca bisa mendapatkan informasi berharga.

Pastikan tautan yang kamu sisipkan adalah tautan yang benar-benar sesuai dengan apa yang sudah kamu tulis pada release yang dibuat.