Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Penulis artikel – Pernahkah kamu merasa meski sudah pernah menulis banyak artikel tapi dalam sewaktu-waktu kamu seperti mengalami kebingungan dalam menulis, seperti tidak adanya ide, merasa tidak adanya kreatifitas yang mengalir, merasa takut jika tulisan hasilnya tidak bagus sehingga hanya bisa diam tanpa menulis apapun atau tidak menikmati selama proses menulis karena merasa tidak bisa ada ide, kondisi ini dinamakan writer block, merupakan kondisi umum yang biasanya dialami oleh seorang penulis.

baca juga: Ide Konten Menarik Untuk Blog dan Website Perusahaan

Jangan khawatir bukan Cuma kamu yang pernah merasakan demikian, banyak juga loh penulis yang terkadang mengalami writer block. Mulai dari penulis pemula sampai penulis besar yang namanya mungkin sudah sangat populer, namun tenang saja kondisi seperti ini tidak berlangsung selamanya kok, beberapa kiat dibawah ini akan membantu kamu bagaimana mengatasi writer block.

Cara mengatasi writer block

Dibawah ini merupakan poin-poin yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang mengalami yang namanya writer block:

Terus menulis jangan pedulikan hal lain

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah jangan pedulikan pikiran-pikiran kamu yang membuatmu justru hanya bisa diam dan tak bisa produktif. Seperti memikirkan ejaan, mencemaskan hasil dan sebagainya, padahal ada hal yang penting dibanding itu semua, yaitu tetaplah menulis, semua kesalahan yang kamu buat selama menulis sebaiknya dipikirkan dan diperbaiki nanti, kalau kamu tidak berusaha untuk tetap menulis maka kamu akan disitu-situ saja.

Menambah informasi atau membaca

Salah satu yang membuat kreatifitas mandek adalah kurangnya asupan informasi, sebaiknya kamu luangkan waktu untuk membaca hal-hal baru atau yang berkaitan dengan tema yang akan kamu tulis, dengan begitu kamu jadi memiliki banyak refrensi untuk ditulis dan ide pun akan lancar, karena membaca dan menulis merupakan hal yang beriringan.

Merubah suasana atau posisi menulis

Salah satu yang mengakibatkan writer block mungkin kamu merasa bosan dengan suasananya yang itu-itu saja, kamu bisa merubah posisimu dalam menulis, yang tadinya kamu menulis dikamar kamu pindah keruang tamu, atau mengganti posisi meja, dengan perubahan kecil tersebut mungkin akan memberikan penyegaran. Atau kamu juga dapat meniru gaya menulis novelis terkenal Hemingway dengan cara menulis sambil berdiri, mungkin bagi masyarakat umum gaya menulis tersebut aneh karena belum banyak yang mencoba dan mempraktikannya. Ini juga bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan dengan posisi menulis yang itu-itu saja.

Membuat kerangka

Dengan menulis kerangka kamu telah memetakan poin penting yang akan kamu tulis, dengan adanya poin-poin ini maka otak kamu akan terpicu untuk menulis sesuatu secara naluriah penulis yang mengalir karena sudah dibantu oleh kerangka yang sudah kamu buat.

Memilih waktu yang tepat untuk menulis

Barang kali mungkin kamu mengalami writer block karena pikiranmu sedang lelah atau waktunya sedang tidak tepat, ambil waktu istirahatmu sejenak dengan berkeliling taman atau menggunakan waktu isitrahat untuk tidur. Kemudian carilah waktu yang tepat yang sekiranya pikiranmu sangat aktif untuk membuat sebuah tulisan. Untuk hal ini tentunya kamu lebih paham diwaktu apa yang menurutmu tepat.

Mencari penyebab writer block

Yang terakhir adalah mencari tahu akar dari masalah kenapa kamu merasa diam ditempat, apakah karena takut hasilnya tidak memuaskan atau terlalu banyak pikiran-pikiran negatif yang memperlambat pekerjaanmu. Jika masalah ini sudah kamu temukan sebaiknya kamu fokus menyelesaikan masalahmu terlebih dahulu sebelum kamu lanjutkan menulis.