Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Jasa pembuatan artikel – Saat ini segala sesuatunya sudah digital, isitilah content creator sudah menjadi hal yang lumrah jika kita menyebutnya sebagai sebuah profesi, apalagi untuk industri 4.0 yang berkembang semakin pesat, content creator menjadi bidang pekerjaan yang juga dibutuhkan orang banyak, terutama brand-brand besar.

Singkatnya content creator merupakan seseorang yang memiliki tugas utama sebagai pembuat konten, yang berupa visual, audio, teks atau perpaduan dari semuanya. Biasanya hasil karyanya diciptakan dalam platform digital sehingga memudahkan siapapun untuk mengonsumsinya dan lebih mudah menjangkau banyak pemirsa.

Apa itu content creator

Content creator merupakan profesi atau pekerjaan yang bergelut dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuatan konten serta mencangkup beberapa hal, bisa sebagai kebutuhan pembuatan berita informasi di media, bisa untuk branding perusahaan, ada juga yang membuatnya untuk kebutuhan promosi iklan, kampanye bisnis, atau keperluan humas, dan bahkan ada juga yang mendedikasikan kemampuannya untuk keperluan sosial dan tanpa profit, seperti mengangkat isu tertentu yang dikemas secara menarik dari sisi konten.

Baca juga: Manfaat SEO Untuk Keuntungan Bisnis

Pertanyaannya kenapa banyak pemilik bisnis atau instansi yang membutuhkan content creator, apakah membuat konten sesulit itu sampai harus ada orang khusus untuk berdedikasi dan tidak sembarang orang bisa menjadi content creator. Setiap industri bisa dipastikan membutuhkan content creator agar bisa mencapai pasar yang tepat dan audience yang tepat pula. Para content creator inilah semacam jembatan yang menghubungkan hal tersebut. Inilah point penting yang membuat mengapa profesi ini banyak dibutuhkan orang-orang.

Dikarenakan kebutuhannya yang mencangkup berbagai industri, maka content creator juga dikenal dengan pekerjaan yang membutuhkan skill multi-informasi. Maksudnya adalah pembahasan dalam informasi tidak terbatas pada satu tema saja, profesi ini bisa menyentuh semua sub-sub informasi yang beredar dimasyarakat. Seperti kecantikan, olahraga, kuliner, parenting, pertanian, peternakan, sesuatu yang sedang trend dan masih banyak lagi. Maka diharuskan bagi para content creator itu fleksibel agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar terkini.

Lalu skill apa yang harus dimiliki content creator?

Jika kamu ingin menjadi content creator ada beberapa skill yang perlu kamu kuasai agar konten yang kamu hasilkan juga sesuai dengan permintaan industri.

Selalu update informasi

Seperti yang sudah disebutkan diatas pekerjaan content creator wajib fleksibel dengan informasi dan perkembangan jaman terkini. Ini merupakan hal yang tak boleh terlewat, jelas harus selalu bersentuhan dengan informasi terbaru dan setidaknya paham dengan trend apa yang sedang berlangsung.

Bisa kamu bayangkan jika content creator tak mengerti informasi apa yang sedang berlangsung, namun berkaitan dengan pekerjaannya, maka konten yang disajikan akan terkesan ‘ketinggalan’ dan tidak begitu diminati pasar. Seharusnya tabungan informasi akan berguna ketika kamu membutuhkan inspirasi dalam membuat konten.

Mahir menulis

Kemampuan berikutnya yang tak juga kalah penting adalah mahir menulis dengan baik. Karena konten yang akan kamu buat melewati tahap content plan dan membuat script dulu. Nah skill menulis inilah yang akan dibutuhkan ketikan akan membuat script yang jelas, matang dan dapat di pahami, sehingga ekspektasi tim dalam membuat konten bisa tergambar dalam tulisan tersebut.

Jika script tertulis dengan baik makan untuk implementasinya akan jadi lebih mudah, skill menulis ini tentunya akan sulit jika kamu tidak sering melatihnya, namun tenang tidak semua orang bisa menulis hanya dari sekali percobaan saja, yang perlu kamu lakukan adalah melatih dirimu untuk terus menerus menulis

Senang eksplorasi hal baru

Kemampuan berikutnya yang perlu seorang content creator punya adalah keinginan untuk mengeksplorasi hal baru. teknologi dan tren berkembang dengan sangat dinamis, yang Membuat seorang content creator diharapkan siap untuk beradaptasi lagi terhadap apa yang terjadi.

Untuk itu eksplorasi hal-hal baru wajib dilakukan, Agar bisa menemukan formula untuk sebuah konten yang sesuai. Eksplorasi bisa dilakukan dengan cara browsing atau melihat apa yang sedang trend di berbagai platform digital, pelajari konten yang sedang happening dan bagaimana cara mengambil formulanya dan dapat kamu tiru setelah dimodifikasi terlebih dahulu.