Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Belajar SEO untuk Pemula, Gratis dan Mudah Diterapkan

Anda seorang pemilik website pemula? Jika iya anda harus belajar SEO untuk pemula agar website anda bisa cepat terkenal dan memiliki banyak pengunjung. Lantas bagaimana caranya? Bukankah banyak yang bilang bahwa belajar SEO adalah sangat sulit, perlu kursus agar ahli.

Belajar SEO untuk Pemula, Gratis dan Mudah DiterapkanMemang benar, tapi anda tidak perlu kursus. Anda tinggal praktik saja menggunakan cara di bawah ini. Praktik akan membuat anda mendapatkan banyak pengalaman dan akhirnya bisa menjadi ahli. Langsung saja berikut cara yang dimaksud dan hal yang harus anda pelajari.

Langkah-langkah Belajar SEO untuk Pemula

Bagi para pemula, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Penggunaan istilah akan diikuti dengan keterangan jadi anda tidak bingung dalam memahaminya. Saat membaca langkah ini disarankan sambil mempraktikkan agar cepat paham. Ini dia langkah yang dimaksud.

1. Melakukan riset kata kunci atau keyword

Langkah pertama adalah melakukan riset kata kunci. Kata kunci merupakan kata yang akan dimasukkan calon pembaca di kolom pencarian mesin penelusuran seperti google, bing, yahoo, dan lain sebagainya. Agar website anda dikunjungi banyak pembaca, anda harus pintar dalam memilih kata kunci yang sering digunakan.

Cara memilih kata kunci yang tepat sangat mudah. Anda bisa menggunakan kata kunci yang disarankan google (biasanya ada di bagian bawah mesin penelusuran dengan nama “peneleusuran yang terkait”). Bisa juga dengan tool online gratisan seperti google keyword planner, keywordtool.ai, ubersuggest, dan masih banyak lainnya.

2. Membuat artikel SEO

Langkah-langkah belajar SEO untuk pemula selanjutnya adalah membuat artikel SEO berdasarkan kata kunci yang telah ditemukan. Pastikan anda membubuhkan kata kunci di judul artikel, paragraf awal artikel, heading, dan paragaraf terakhir. Artikel SEO bisa terwujud jika anda menulis artikel yang berkualitas, mudah dipahami, dan bermanfaat bagi para pembaca. Atau jika kesulitan anda bisa menggunakan jasa penulis artikel dari team sahabat artikel

3. Optimasi SEO on page

Optimasi SEO on page adalah optimasi SEO dari dalam website itu sendiri. Optimasi yang dimaksud seperti membuat artikel yang SEO friendly, menambahkan gambar dengan alt text, membubuhkan link ke artikel lain atau website lain, meningkatkan kecepatan loading page, mengatur meta tag, submit url ke webmaster, menghapus plugin yang tidak penting, dan masih banyak lainnya.

4. Optimasi SEO off page

Optimasi SEO off page merupakan optimasi yang dilakukan di luar website seperti meminta backlink ke situs lain melalui sosial media, submit situs, melakukan blogwalking, menjadi guest di blog lain, lewat forum, dan masih banyak lainnya. Banyak cara mendapatkan backlink gratis yang bisa Anda terapkan, silahkan baca artikel kami sebelumnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pemula Saat Belajar SEO

Cara belajar SEO untuk pemula kini bisa ditemukan dimana saja. Namun terdapat beberapa hal yang pelru diperhatikan oleh para pemula. Hal-hal yang dimaksud berhubungan dengan tempat belajar SEO, pemilihan situs belajar SEO, dan sikap saat belajar SEO. Jadi jika anda belajar SEO lewat tempat atau kursus berbayar, anda perlu hati-hati memilih tempatnya.

Pastikan kursus yang anda ambil merupakan kursus terpercaya yang telah menghasilkan banyak website dengan peringkat pertama di mesin penelusuran. Semisal anda memilih situs gratisan, hindari situs yang mengajarkan cara curang atau teknik blackhat karena bisa membuat reputasi anda hancur dan website diblok.

Saat belajar pun, anda diminta menjaga sikap maksudnya adalah anda harus bersabar. Orang bisa menjadi ahli karena telah melakukan keahlian berulang-ulang. Maka dari itu jangan langsung menyerah jika gagal di percobaan pertama.

Demikian tadi ulasan tentang SEO, cara mempelajarinya, dan hal yang perlu diperhatikan. Pastikan anda belajar dengan baik jika ingin menjadi ahli SEO karena belajar SEO untuk pemula memang tidak mudah dan memerlukan usaha yang cukup keras.