Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Membuat judul non fiksi artikel itu ada triknya tersendiri. Dengan menulis judul dengan benar, ini akan membuat pembaca bisa tahu betul apakah isi artikel Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan. Maka dari itulah, judul artikel yang tepat dan bagus bisa menjadi alat promosi terbaik untuk bisnis Anda. Jika artikel Anda diterbitkan oleh pihak jasa penulis artikel yang lengkap dengan editor dan manager pemasarannya, maka semuanya bergantung mereka.

Namun, bila yang menerbitkan artikel non fiksi Anda adalah diri Anda sendiri, maka keputusan untuk membuat judul ini bergantung pada diri Anda sendiri. Maka dari itulah, penting sekali untuk selalu memahami apa yang harus dicapai dalam sebuah judul ini. Selain judul itu harus mencerminkan konten yang ditulis, judul artikel juga harus mampu menciptakan respon secara emosional kepada para pembaca.

Pengertian Artikel Non Fiksi

Sebelum membuat judul non fiksi untuk artikel Anda, maka sebelumnya Anda harus memahami dulu tentang apa yang dimaksud dengan artikel non fiksi terlebih dahulu. Dimana artikel non fiksi merupakan sebuah karangan yang diciptakan berdasarkan apa yang benar-benar terjadi dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, artikel non fiksi itu dibuat berdasarkan fakta. Karena semua tulisannya dibuat berdasarkan cerita nyata.

Itu berarti bahwa artikel non fiksi itu merupakan artikel yang sifatnya faktual. Umumnya, dalam artikel non fiksi ini melihat tentang kejadian atau moment yang penting dan menarik. Setelah itu, semuanya ditulis lagi ke dalam sebuah artikel dan memperlihatkan nilai yang penting yang ada didalamnya. Bisa dibilang bahwa artikel fiksi itu berbeda sekali dengan artikel yang non fiksi.

Perbedaan Artikel Non Fiksi dan Fiksi

Melihat dari segi perbedaannya, maka judul non fiksi itu umumnya dibuat untuk sebuah laporan karya tulis ilmiah, seperti thesis, skripsi, disertasi, buku belajaran, jurnal, essay, biografi, opini, dll. Sedangkan judul artikel fiksi itu ditulis untuk pembuatan puisi, novel, cerita pendek, mitos, dongeng, komik, fabel, dan sejenisnya. Untuk perbedaannya sendiri artikel fiksi itu ceritanya buatan dan majinatif. Sehingga, bahasannya juga bermakna kiasan.

Sedangkan artikel non fiksi sebaliknya. Semuanya berdasarkan data dan bersifat informatif. Untuk bahasanya sendiri juga lugas atau denotatif. Ini adalah sedikit perbedaan yang jelas terlihat ke dalam artikel non fiksi dan artikel fiksi. Setelah memahami perbedaan keduanya dan tujuan dibuatnya masing-masing artikel tersebut, selanjutnya Anda bisa belajar membuat judul non fiksi artikel dengan cara berikut ini:

Cara Membuat Judul Non Fiksi

Untuk bisa membuat judul non fiksi artikel, sebaiknya tulis judul yang tepat, lengkap, dan memiliki pernyataan manfaat yang jelas juga. Misalnya saja, seperti cara memasak nasi goreng jawa, langkah-langkah menginstal komputer, dan masih banyak yang lainnya. Jadi, menulis judul itu bisa dikatakan sukses bila didalamnya dapat merefleksikan isi utama dari artikel itu sendiri. Caranya, ciptakan reaksi yang emosional didalam judul dan isi artikelnya.

Judul yang berkualitas harus bisa membuat pembacanya langsung berpikir dan ingin tahu lebih banyak tentang isi artikelnya. Buat judul yang kira-kira menimbulkan rasa penasaran kepada pembacanya. Cara ini cukup ampuh meningkatkan jumlah pembaca artikel dengan baik dan mudah. Yang pasti jangan pernah membuat judul yang membosankan. Karena itu bisa membuat pembaca enggan untuk mampir membaca tulisan artikel Anda.

Yang harus Anda lakukan setelah itu adalah, cobalah untuk berpikir tentang bagaimana caranya agar judul artikel non fiksi Anda bisa menjadi brand yang menarik. Bagian ini sayangnya sering diabaikan oleh para penulis. Padahal, justru cara ini efektif sekali untuk membangun brand tulisan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mudah dikenal oleh para pembaca karena Anda memiliki artikel yang khas dan bisa dibedakan dari artikel pada umumnya.

Dengan menciptakan ciri khas pada judul artikel Anda, maka orang akan tahu siapa yang menulis artikel tersebut tanpa melihat penulisnya. Dengan begitu, bila Anda ingin menjadikan artikel Anda sebagai bagian dari promosi sebuah produk, maka cara ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan produk Anda lewat artikel yang Anda buat. Sehingga, judul non fiksi artikel Anda bisa lebih maksimal fungsinya.