Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Banyak penulis sering mendapatkan penolakan karena mereka tidak tahu bagaimana cara menulis artikel jurnal dengan benar. Hal ini juga kerap terjadi pada mereka yang menempuh pendidikan S1, S2, dan S3. Mendapat penolakan pembuatan jurnal ini seringkali mereka alami saat mendapatkan tugas jurnal dari dosen pembimbing mereka. Lalu, bagaimana caranya agar jurnalnya tidak ditolak? Kini sudah tersedia jasa penulis artikel yang dapat membantu anda mengerjakan berbagai macam artikel.

Untuk isi artikel jurnal tersebut harus selalu terstruktur dan sistematika. Selain itu, persentase jumlah halamannya juga harus mengacu berdasarkan pedoman penerbitan jurnal artikel. Maka dari itulah, bila Anda sudah menghabiskan waktu selama berbulan-bulan untuk membuat artikel jurnal, namun kemudian artikel jurnal Anda ditolak, sebaiknya jangan sedih dulu! Perhatikan dulu apa yang dimaksud dengan pengertian dan tujuannya agar Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Pengertian Artikel Jurnal

Sebelum memahami tentang bagaimana cara menulis artikel jurnal dengan cepat dan benar, maka sebaiknya pahami dulu tentang apa yang dimaksud dengan jurnal itu. Karena sebenarnya jurnal artikel merupakan tulisan yang diterbitkan secara berkala yang berisi artikel atau karya tulis di 1 bidang ilmu tertentu. Jadi, jurnal pendidikan merupakan majalah khusus tentang artikel pendidikan beserta lingkupnya. Untuk penulisannya tidak ada peraturan baku didalamnya.

Tujuan Penulisan Artikel Jurnal

Setelah memahami apa yang dimaksud artikel jurnal, maka pahami apa yang menjadi tujuan penulisan artikel jurnal. Sehingga, dengan mengetahui tujuan inilah Anda akan tahu seperti apakah cara menulis artikel jurnal pendidikan dengan benar. Salah satu tujuan pembuatan artikel jurnal adalah lebih mengarah dengan apa yang mau dicapai dalam penulisan artikel jurnal tersebut. Selain itu, tujuannya adalah untuk mendeskripsikan batasan ruang lingkup artikel dan pokok masalahnya.

Cara Menulis Artikel Jurnal Pendidikan

Untuk memahami bagaimana cara menulis artikel jurnal pendidikan yang benar, maka Anda harus tahu dulu seperti apakah ketentuannya berdasarkan balitbang Kemdikbud dengan benar. Dengan begitu, Anda bisa membuat jurnal artikel dengan benar. Dimana untuk menulisnya dengan benar, Anda harus membuat judul artikelnya dulu dengan cara membuat judul ke dalam spesifik yang jelas, dan harus ada kata kuncinya.

Di dalam judul artikel jurnal itu seharusnya tertulis nama lengkap penulis, nama instansi atau lembaga, alamat lembaga atau alamat instansi, dan juga alamat korespondensinya. Semuanya harus ditulis dengan jelas ke dalam judul jurnal artikel Anda. Selanjutnya, pahami bagian abstraknya dengan benar. Dibagian ini harus tertulis tujuan dari penelitian, metodenya, dan hasil penelitiannya. Abstrak jurnal artikel ini harus ditulis ke dalam 1 paragraf.

Selanjutnya, cara menulis artikel jurnal artikel selanjutnya adalah, perhatikan kata kuncinya. Ini sangat penting sekali! Kata kunci ini bisa terdiri atas 3 kata hingga 5 kata yang mencerminkan dari konsep artikelnya. Sedangkan, dibagian pendahuluannya bisa berupa latar belakang yang ilmiah beserta fenomenanya, rumusan masalahnya, dan juga tujuan dibuatnya jurnal penelitian artikel tersebut yang ditulis ke dalam bentuk paragraf.

Hal Yang Diperhatikan Saat Menulis Artikel Jurnal

Bagian yang lainnya bisa dilihat dari kajian literaturnya. Kajian ini memakai acuan yang tajam dan releval berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan. Isinya berupa hasil penelitian tentang subjek dan pendekatan teoritis yang dilakukan orang lain dan penulisnya sendiri. Semua konsepnya ditulis ke dalam sebuah kesimpulan untuk mendukung bahan jurnal artikel Anda. Hal lainnya adalah perhatikan dibagian metodenya. Dalam hal ini, Anda harus menulis alasan metodologi dipakai.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah lihat dari segi pembahasan dan hasil penelitiannya. Dibagian ini harus memuat tabulasi data dari hasil penelitian berdasarkan metode yang dipakai. Anda harus bisa mengevaluasi dan menganalisis data itu berdasarkan formula dari kajian teroritis yang dipakai. Pembahasannya bisa menggunakan metode komparasi, grafik, tabel, dan gambar. Interpretasikan hasil analisa Anda untuk mendpat jawaban yang relevan dari tujuan dibuatnya jurnal artikel
tersebut.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah dibagian kesimpulan, saran, dan juga pustaka acuannya. Untuk simpulannya disini merupakan hasil pembahasan dari fenomena yang ditulis ke dalam jurnal. Jadi, isinya adalah jawaban dari permasalahan dalam jurnal. Sedangkan, saran berisi tentang tinjak lanjut yang nyata berdasarkan kesimpulan yang didapat. Sementara untuk pustaka acuannya berisi daftar pustaka. Itu tadi adalah beberapa cara menulis artikel jurnal yang benar.