fbpx

7 Contoh Search Engine Lengkap Dengan Penjelasannya

7 Contoh Search Engine Lengkap Dengan Penjelasannya

7 Contoh Search Engine Lengkap Dengan Penjelasannya

7 Contoh Search Engine Lengkap Dengan Penjelasannya

7 Contoh Search Engine Lengkap Dengan Penjelasannya

Ada banyak search engine yang bisa anda temukan di internet. Tiap search engine menawarkan cara cepat untuk mengakses informasi tertentu, baik berupa teks, gambar, video, dokumen, maupun bentuk info lainnya. Search engine itu sendiri adalah program yang berfungsi untuk melakukan pencarian file ataupun berkas di dalam ftp ataupun www pada sebuah jaringan. Search engine atau mesin pencari ini digunakan untuk browsing di dalam internet. Untuk mengenal search engine lebih mendalam, ada baiknya anda simak beberapa contoh search engine berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh search engine selengkapnya untuk anda.

1. Google

Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page ketika masih menjadi mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Keduanya memegang 16% saham perusahaan. Pada tanggal 4 September 1998, keduanya menjadikan Google perusahaan swasta. Semua pengguna internet pasti sudah tak asing lagi dengan Google. Search engine terpopuler ini bisa diakses dalam waktu yang cepat. Selain itu, Google adalah satu-satunya mesin pencari yang mempunyai cache. Dengan adanya cache ini, pengguna internet bisa menghemat waktu pencarian sebab hasil pencarianlah yang akan ditampilkan seperti saat anda mengetikan jasa penulis artikel di mesin pencari google untuk mencari jasa penulis yang ingin Anda gunakan.

2. Yahoo!

Yahoo! dikenal sebagai salah satu mesin pencari tertua. Halaman utama Yahoo! sendiri tidak terlalu ramah guna pencarian, akan tetapi Yahoo! telah menyediakan search.yahoo.com untuk mengatasi hal tersebut. Yahoo! juga menggunakan jasa Google dalam mencari informasi di web, ditambah dengan info dari databasenya sendiri. Yahoo! memiliki kelebihan dalam hal direktorinya. Yahoo! juga sudah menyediakan pencarian yellow pages serta peta. Lebih dari itu, Yahoo juga telah menyediakan pencarian gambar.

3. Bing

Selain Google dan Yahoo!, masih ada banyak lagi search engine yang perlu anda ketahui, yakni Bing. Bing adalah usaha milik Microsoft yang memiliki kompetensi dengan Google dalam hal pencarian atau search. Hanya saja, Bing masih dikatakan kalah dengan Google. Sebelumnya, Bing dikenal dengan nama MSN search, Windows Live seacrh, dan Live Search yang telah ada sejak 1998.

4. Ask

Ask.com adalah situs tanya jawab yang mengutamakan e-business dan juga mesin pencari website (web search engine). Search engine Ask.com ini berdiri sejak tahun 1996. Ask.com dibentuk di Berkeley, California, Amerika Serikat oleh Garret Gruener serta David Warthen. Menurut data tanggal 3 Februari 2016, search engine Ask.com ini berada di nomor 47.

5. Alltheweb

Alltheweb merupakan mesin pencari internet yang datang dari FTP, doctor tesis Tor Egge yang ada di Universitas Norwegia. Search engine Alltheweb ini adalah pencarian file pada FTP Server. Sebagai teknologi internet, FTP itu sendiri diperuntukkan guna menyimpan dan juga mendistribusikan file, seperti program, audio, atau video. Sebenarnya web ini lebih diperuntukkan teks. Hingga saat ini, hanya search engine AllTheWeb saja yang sudah menyediakan jasa pencarian file.

6. Aol

Aol adalah industri yang menjalankan bidang jasa internet dan juga telekomunikasi, salah satunya ialah menjadi alat search engine di dunia internet. Search engine Aol ini berdiri sudah cukup lama sekali, yaitu sejak tahun 1983 di Vienna, Virginia. Kala itu, Aol memiliki nama Control Video Corporation. Saat ini kantor Aol bertempat di New York City, New York, Amerika Serikat.

Mungkin Anda tertarik dengan artikel kami lainya mengenai: jasa penulisan artikel bahasa inggris

7. MSN

MSN adalah mesin pencari dari Microsoft Network. Search engine ini menawarkan pencarian, baik dari direktori maupun dengan kata kunci. MSN ini telah menyediakan pencarian peta, white pages, yellow pages, pencarian pekerjaan, dan rumah.

Share this post