fbpx

Ini Dia Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula

Ini Dia Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Ini Dia Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Bagi anda yang ingin membuat website, anda tidak perlu takut akan mengeluarkan biaya yang banyak. Hal ini dikarenakan membuat website tak selalu harus mengelurkan biaya, anda bisa membuat website secara gratis tanpa biaya sepersen pun. Selain jasa penulis artikel cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula memang banyak dicari akhir-akhir ini. Tanpa perlu keluar uang, anda bisa manfaatkan website gratis tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi.

cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula

Adapun website yang bisa anda buat secara gratis ialah website dengan basis PHP. Website ini menggunakan domain dan hosting yang memang terbukti tanpa biaya. Domain itu sendiri bisa diartikan sebagai alamat rumah anda. Sementara hosting ialah tanah yang akan anda gunakan untuk membuat rumah anda tersebut. Mengenai bagaimana cara membuat website gratis tersebut, ada baiknya anda simak cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula berikut ini.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Berikut ini kami bagikan cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula selengkapnya.

1. Siapkan Hosting

Langkah awal yang perlu anda lakukan ialah menyiapkan hosting terlebih dahulu. Pilihlah penyedia hosting gratis, salah satunya Hostinger Indonesia. Anda masuk ke web hostinger dan klik di Mulai Sekarang. Nantinya, anda akan masuk ke halaman check out. Pilih di kolom pengguna baru dan klik lanjut. Setelah itu, anda isi data untuk register akun. Anda isikan data secara benar.

Pastikan email yang anda masukkan adalah email yang masih aktif. Lalu centang di kotak syarat dan ketentuan. Pilih Selanjutnya. Anda akan dibawa ke halaman invoice atau tagihan hosting. Tertera total tagihan sebesar Rp. 0,- alias gratis. Selanjutnya, anda klik beranda. Lihat notifikasi untuk melakukan konfirmasi menggunakan alamat email.

2. Pengaturan Konfigurasi

Cara membuat website selanjutnya dengan Anda login ke alamat email serta lakukan konfirmasi. Caranya dengan klik di link yang sudah dikirimkan oleh penyedia hosting. Link tersebut akan membawa anda ke pengaturan konfigurasi. Silahkan pilih Setupe. Kemudian anda pilih nama domain atau alamat website anda. Selanjutnya, pilih Subdomain Gratis. Anda isikan nama domain dan pilih subdomain dengan klik tanda panah ke bawah. Lokasi server pilih saja Eropa. Lalu isikan pasword dan klik Setupe.

3. CPanel

Langkah cara membuat website gratis untuk pemula selanjutnya, anda masuk ke beranda cPanel anda. Anda klik hosting. Pastikan akun hosting sudah aktif. Selanjutnya, anda install aplikasi website PHP ke hosting yang telah anda siapkan.

4. Install WordPress

Anda pilih WordPress. Kemudian anda klik Mengkonfigurasikan. Tunggu sampai anda masuk ke jendela pengaturan aplikasi serta nama website dan username. Anda buat username dan pasword untuk masuk ke dashboard website anda. Pastikan judul website sesuaikan dengan niche website yang telah anda buat. Tagline bisa diisi dengan kalimat yang menjelaskan website anda. Lalu klik install. Ketika anda ingin masuk ke halaman aashboard website, anda bisa mengaksesnya melalui alamat www.namadomain/wp-admin. Setelah itu, anda masukkan username dan password administrator yang sudah dibuat tadi.

Situs Gratis Untuk Membuat Website Bagi Pemula

Selain WordPress, cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula masih ada banyak lagi situs gratis lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk membuat website. Adapun situs gratis tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Weebly
  • Wix
  • Blogger
  • Google Sites
  • Webs
  • Tripod
  • Yola
  • DoodleKit
  • SiteBuilder
  • IM Creator
  • SquareSpace
  • Jigsy

Dengan memanfaatkan situs gratis tersebut, anda bisa membuat website untuk memenuhi segala kebutuhan anda. Website itu sendiri bisa dimanfaatkan untuk bisnis online yang anda sedang jalani. Atau mungkin anda tertarik membaca artikel kami sebelumnya mengenai cara membuat web dengan dreamweaver mudah dan cepat semoga bermanfaat.

Share this post