fbpx

Cara Bikin Website Online Shop Dengan WordPress

Cara Bikin Website Online Shop Dengan WordPress

Cara Bikin Website Online Shop Dengan WordPress

Cara Bikin Website Online Shop Dengan WordPress

Bisnis dalam dunia online semakin marak seiring perkembangan teknologi. Adapun salah satu bisnis online yang banyak diminati selain jasa penulis artikel ialah online shop. Ketika anda ingin menggeluti dunia online shop, anda perlu membuat website toko online terlebih dahulu. Tenang saja, cara bikin website online shop sudah banyak dibagikan sehingga anda bisa membuatnya secara mudah. Toko online itu sendiri digunakan untuk menjual dan menampilkan produk berupa barang.

Cara Bikin Website Online Shop Dengan WordPress

Kebutuhan masyarakat yang semakin modern mendorong majunya bidang online shop. Terlebih lagi, saat ini masyarakat memang lebih banyak memilih untuk melakukan transaksi secara online apabila dibandingkan transaksi konvensional. Untuk membuat website online shop itu sendiri, anda bisa memanfaatkan WordPress. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara bikin website online shop dengan WordPress berikut ini.

Cara Membuat Website Online Shop Menggunakan WordPress

Berikut ini adalah cara bikin website online shop dengan WordPress selengkapnya untuk anda.

  1. Pilih Platform Website
    Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat website online shop ialah memilih platform website. Platforms website merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendesain sebuah website. Hal ini dilakukan supaya bisa ditampilkan di internet. Platforms website ini juga sering disebut dengan CMS yang merupakan singkatan dari Content System Management.
  2. Buat Domain dan Hosting
    Setelah anda memilih platform website, cara membuat website online shop dengan wordpress selanjutnya anda perlu membuat domain dan hosting. Ketika ingin membuat domain dan hosting, anda bisa memilih cara yang berbayar atau gratis. Sebagai pemula, ada baiknya anda memilih cara yang gratis saja. Domain dan hosting ini telah disediakan oleh penyedianya. Hanya saja, dalam memilih penyedia domain dan hosting, pastikan anda memilih penyedia yang memberikan memberikan layanan gratis untuk pelanggan. Selain itu, pastikan juga bahwa penyedia domain dan hosting tersebut juga menawarkan free ads.
  3. Instalasi WordPress
    Ketika anda memasuki tahapan ini, sebenarnya web sudah online. Hanya saja, tampilan web masih kosong sebab memang belum terinstal di WordPress. Maka dari itu, anda harus melakukan instalasi WordPress. Hal ini juga dilakukan supaya pengguna lain bisa mengakses domain yang telah anda buat tadi.

Adapun cara instalasi WordPress ialah sebagai berikut:

  • Login ke cPanel hosting anda menggunakan username serta password yang dikirimkan ke email Anda.
  • Username serta password dikirimkan setelah anda melakukan pembayaran dan hosting anda sudah aktif.
  • Adapun cara login cPanel ialah dengan ketik namadomain.com/cpanel.
  • Setelah anda berhasil login ke cPanel, silahkan anda klik menu WordPress.
  • Tekan tombol Install Now. Di bagian Software Setup, pilih nama domain anda di kolom Choose Domain. Sementara di kolom In Directory dikosongkan saja.
  • Isi nama toko online yang anda inginkan dan deskripsinya.
  • Tentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress.
  • Klik tombol Install.
  • Jika proses instalasi WordPress berhasil, nantinya akan muncul detail mengenai URL website online shop anda lengkap dengan URL untuk login ke dashboard WordPress.

4. Desain Website
Setelah anda selesai melakukan instalasi WordPress diatas, anda bisa lanjutkan langkahnya dengan mendesain website online shop yang anda buat tadi. Anda desain website online shop sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Bahkan anda juga bisa merubah tampilan gambar untuk ditampilkan pada website online shop anda tersebut. Ada baiknya pilih tampilan gambar yang menarik supaya calon pelanggan terkesan dan mau membeli produk yang anda tawarkan. Berikut beberapa tips serta cara bikin website online shop dengan wordpress, semoga bermanfaat.

Share this post