fbpx

7 Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap

7 Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap

7 Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap

7 Pengertian Website Menurut Para Ahli Terlengkap

7 Pengertian Website Menurut Para Ahli TerlengkapKehidupan masyarakat yang semakin modern tentunya tak bisa lepas dari peran internet maupun penyedia layanan jasa penulis artikel. Bagi anda yang aktif internetan, anda pastinya sudah tak asing lagi dengan situs web. Situs web itu sendiri umumnya ditempatkan pada sebuah server web. Server web ini bisa diakses melalui jaringan internet atau jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang biasa dikenal dengan sebutan URL. Meski website sudah sangat familiar, nyatanya masih banyak orang yang bingung mengenai pengertian website sebenarnya. Maka dari itu, ada baiknya memahami pengertian website menurut para ahli secara baik.

Pada umumnya, website atau yang hanya disebut dengan web merupakan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman serta berisi informasi dalam bentuk digital, baik tulisan (teks) maupun gambar animasi yang disediakan dalam internet. Dengan begitu, website bisa diakses oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia yang memiliki koneksi internet. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja pengertian website menurut para ahli berikut ini.

Berbagai Macam Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian website memang telah diungkapkan oleh banyak ahli. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Hakim Lukmanul (2004)
Salah satu ahli yang mengungkapkan pengertian website adalah Hakim Lumanual. Dijelaskan bahwa website disebut sebagai fasilitas internet, dimana mengkaitkan dokumen di lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen tersebut disebut dengan web page dan link website memungkinkan pengguna bisa berpindah page (hyper text), baik diantara page yang disimpan server yang sama maupun server diseluruh dunia. Browser yang digunakan untuk mengakses dan membaca pages diantaranya Netscape Navigator, Google Chrome, Internet Explorer, Mozila Firefox, dan lain sebagainya.

2. Gregorius (2000: 30)
Menurut Gregorius, website merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Anda bisa temukan homepage di posisi teratas. Homepage ini memiliki halaman-halaman yang terkait di posisi bawahnya. Pada umumnya, setiap halaman yang ada di bawah homepage disebut dengan child page, dimana berisi hyperlink ke halaman lain pada web.

Baca juga artikel kami mengenai ini dia cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula

3. Yuhefizar
Lain halnya dengan pengertian website menurut Yuhefizar. Yuhefizar menjelaskan website merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyediakan informasi di internet, berupa gambar, teks, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

4. Jasmadi
Sedangkan Jasmadi menjelaskan bahwa website merupakan kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

5. Ali Zaki & Smitdev Community
Menurut Ali Zaki & Smitdev Community, website merupakan beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

6. Arief (2011: 7)
Ahli lainnya yang menjelaskan pengertian website ialah Arief. Website menurut Arief diartikan sebagai salah satu aplikasi dengan beragam dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser.

7. Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom
Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, layanan web merupakan salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Selain 7 ahli diatas, masih ada banyak ahli yang menjelaskan pengertian website dengan definisi yang berbeda-beda. Sebut saja Sukarno & Hianoto, A. Taufiq Hidayatullah, Haer Talib, dan masih banyak lagi lainnya.

Share this post