fbpx

6 Tool Untuk Cek Backlink Dalam Upaya Meningkatkan SEO Website

6 Tool Untuk Cek Backlink Dalam Upaya Meningkatkan SEO Website

6 Tool Untuk Cek Backlink Dalam Upaya Meningkatkan SEO Website

6 Tool Untuk Cek Backlink Dalam Upaya Meningkatkan SEO Website

6 Tool Untuk Cek Backlink Dalam Upaya Meningkatkan SEO Website

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan SEO website ialah memperhatikan backlink. Backlink itu sendiri adalah suatu script link yang disusun sedemikian rupa dan berisikan alamat suatu web atau blog yang dipasangkan kedalam sebuah situs tertentu. Adapun backlink yang perlu anda perhatikan ialah backlink dofollow, backlink nofollow, backlink berkualitas, hingga backlink yang tidak berkualitas. Mengingat pentinya backlink dalam membangun SEO website yang baik, anda harus mengetahui cara cek backlink tersebut.

Tool Untuk Cek Backlink

Untuk anda yang ingin mengetahui backlink sebuah website ataupun situs tertentu, anda bisa menggunakan beberapa tool dibawah ini untuk cek backlink.

1. Small SEO Tools

Dengan menggunakan Small SEO Tools, anda bisa mengetahui jumlah backlink tanpa ada batasan. Selain itu, anda akan merasa semakin diuntungkan karena Small SEO Tools telah dilengkapi dengan Site PR dan Page PR pada tiap backlink. Small SEO Tools ini pun telah didukung dengan beragam fitur, diantaranya Article Rewriter Pro, Online Ping Website Tool, Keyword Position, Backlink Checker, Link Tracker, Google PageRank Checker, Website Page Speed Checker, Code To Text Ratio Checker, Website Page Size Checker, Website Links Count Checker, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Google Webmaster Tool

Selain dengan jasa penulis artikel untuk mengoptimasi suatu situs, Google Webmaster Tool juga mampu mengetahui jumlah backlink secara akurat. Adapun cara mengetahui backlink dengan Google Webmaster Tool ialah masuk ke halaman dashboard Google Webmaster Tool terlebih dahulu. Setelah itu, anda klik url blog yang ingin anda ketahui backlinknya. Kemudian anda perhatikan samping kiri. Terdapat beberapa menu serta submenu yang digunakan untuk mengoptimalkan situs anda. Anda silahkan klik Search Traffic dan klik pada submenu Links To Your Site. Setelah itu, anda perhatikan di bagian bawah Total Links, yang adalah jumlah total backlink blog anda.

3. Ahrefs

Cara lainnya untuk mengetahui backlink ialah dengan memanfaatkan Ahrefs. Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu mendaftar di ahrefs.com. Setelah anda selesai mendaftar di ahrefs.com, anda bisa kunjungi https://ahrefs.com/index.php. Kemudian anda masukkan url blog anda dan klik Try It For Free. Tak butuh waktu lama, anda sudah bisa mengetahui jumlah backlinknya.

4. SEO Profiler

Anda bisa mengetahui backlink secara gratis dengan menggunakan SEO Profiler. Hanya saja, anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. SEO Profiler ini memiliki signal sosial seperti Twitter Tweet, Facebook Like, dan juga Google+. Selain itu, SEO Profiler juga mampu memonitor ranking blog anda dengan kata kunci tertentu. Untuk fiturnya, SEO Profiler dilengkapi dengan fitur Ranking Monitor, Website Analytics, Website Audit, Link Profiler, Page Optimization, Link Building, Keywords, Website Submission, Competitor Spy, Social Media, dan Client Reports.

5. WebMeUp Backlink Tool

Supaya bisa menggunakan WebMeUp Backlink Tool, anda kunjungi situs http://webmeup.com terlebih dahulu. Setelah itu, anda join dengan klik sign up. Apabila telah selesai mendaftar, anda login dengan memasukkan website kompetitor di kolom Check Backlinks. Kemudian anda bisa mendownloadnya ke file Microsoft Excel.

6. BackLinkWatch

BackLinkWatch termasuk salah satu tool yang sangat user friendly. Tool ini mampu menampilkan 1000 backlink sekaligus dalam satu halaman. Selain itu, BackLinkWatch mudah untuk melakukkan scrapping. Fitur yang dibawa tool BackLinkWatch itu sendiri meliputi BLW Report, Search SEO Issues, New / Lost, All External Backlinks, Referring Domains, Anchors, dan Raw Export.

Share this post